Bangkai Kapal Selam KRI Nanggala 402 Ditemukan Di Dekat Kawah Misterius

0

Bangkai Kapal Selam KRI Nanggala 402 Ditemukan Di Dekat Kawah MisteriusGaekon.com – Bangkai kapal selam KRI Nanggala-402 berhasil ditemukan. Berdasarkan informasi, bangkai kapal ini ditemukan tak jauh dari sebuah kawah misterius.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Hal ini diungkapkan oleh Panglima Komando Armada II (Pamgkormada II) Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, dalam gelaran jumpa pers perkembangan Salvage Operation Selasa (18/5).

Kawah tersebut masih misterius lantaran armada yang telah dikerahkan belum berhasil mengungkap apa yang ada di dalam kawah itu.

Berdasarkan informasi, kawah tersebut berdiameter 38 meter, dengan kedalaman 10-15 meter dari dasar laut. Kawah dasar laut itu ditemukan setelah kapal bantuan dari China Tan Suo 2 melakukan investigasi wilayah penemuan bangkai KRI Nanggala-402.

Isnurwanto mengatakan bahwa kondisi di kawah itu sangat gelap dan tertutup lumpur. Pada Dive operation keempat dan kelima yang Kapal Tansuo, belum dapat mengetahui mengetahui apa yang ada di dalamnya.

“Karena situasinya yang tertutup lumpur dan posisinya gelap,” tambahnya.

Irwan Isnurwanto menduga ruang tekan atau pressure hole KRI Nanggala-402 yang sampai saat ini belum ditemukan, berada di dalam kawah itu.

Isnurwanto menjelaskan bahwa sampai saat ini masih ada satu lagi yang belum ditemukan yakni presure hole dengan ukuran 45 meter.

“Sampai saat ini masih ada satu lagi yang belum ditemukan yakni presure hole dengan ukuran 45 meter karena di dasar laut bukan batu tapi lumpur, sehingga ada bagian yang tertimbun,” ungkapnya.

Isnurwanto menjelaskan mengenai temuan tiga bagian bangkai KRI Nanggala-402, yakni Bow Section atau bagian haluan, Sail Section atau anjungan, ketiga Stern Section atau bagian buritan.

Pada bow section sudah terlihat ruang torpedo dan patahan di depan pintu masuk kapal. Kemudian pada bagian anjungan atau sail section, terlihat pintunya di sebelah kanan telrihat yang terlepas.

“Pada stern section (buritan) terlihat kemudi selam, propeller juga terlihat, ini di dalam kedalaman 839 meter,” jelasnya.

Bagian bangkai KRI Nanggala 402 hingga saat ini sudah ada yang ditemukan dan diselamatkan. Salah Satunya yaitu life raft, benda yang beratnya 700 kg ini berfungsi sebagai penyelamat kapal.

Bangkai KRI Nanggala-402 ditemukan di perairan Utara Bali dengan koordinat 07° 48 menit 56,6 detik Selatan 114° 51 menit 20,6° Timur, 839 meter di bawah permukaan laut.

D For GAEKON