Banjir Jember, 150 Unit Rumah Terendam Dan 1 Orang Tewas

0

Banjir Jember, 150 Unit Rumah Terendam Dan 1 Orang TewasGaekon.com – Sebanyak 150 rumah warga Jember, Jawa Timur terendam banjir pada Minggu (9/1). Akibat banjir tersebut, seorang warga tewas dan satu lainnya hilang.

Melansir dari CNN, hal ini dikonfirmasi langsung oleh Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

“Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, mengakibatkan satu orang meninggal dunia,” ujarnya.

Menurut keterangan Abdul, banjir tersebut terjadi pada Minggu sore sekitar pukul 15.00 WIB. Banjir ini berdampak pada 150 KK.

Usai banjir surut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember bersama TNI dan Polri langsung membantu warga berbenah. Hingga Minggu malam, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember juga masih mendata jumlah warga yang mengungsi.

Banjir ini merendam 150 unit rumah, 3 fasilitas umum, dan 3 tempat ibadah. Abdul menjelaskan bahwa banjir juga sempat menerjang Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, pada Minggu dini hari.

“BPBD Kabupaten Malinau mencatat sekitar 2.886 jiwa terdampak, namun tidak ada pengungsian akibat kejadian ini. Selain itu, sebanyak 571 unit rumah warga dan 1 fasilitas pendidikan terdampak banjir,” tutur Abdul.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat agar tetap waspada dengan potensi banjir susulan jika terjadi hujan lebat.

D For GAEKON