Banjir Kapuas Hulu, Internet Gangguan Hingga Jalan Akses Transportasi Terendam Air

0

Banjir Kapuas Hulu, Internet Gangguan Hingga Jalan Akses Transportasi Terendam AirGaekon.com – Banjir yang melanda Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mengakibatkan internet mengalami gangguan. Tak hanya itu, setidaknya 10 kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu terendam banjir.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Ibukota kabupaten Kapuas Hulu, Kota Putussibau menjadi salah satu kota yang terendam banjir.

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Gunawan mengatakan bahwa banjir ini mengakibatkan internet mengalami gangguan. Jalan yang menjadi akses transportasi juga digenangi air cukup dalam.

“Salah satu kendala dalam penanganan banjir adalah banyak jalan yang terendam. Selain itu adalah jaringan internet. Sinyal agak gangguan,” ungkapnya.

Sementara 10 kecamatan yang mengalami musibah banjir diantaranya yaitu Kecamatan Bunut Hulu, Kecamatan Putussibau Utara, Kecamatan Kalis, Kecamatan Seberuang, Kecamatan Silat Hulu, Kecamatan Silat Hilir, Kecamatan Mentebah, Kecamatan Putussibau Selatan, Kecamatan Bika dan Kecamatan Boyan Tanjung.

Gunawan menerangkan bahwa banjir tersebut disebabkan karena curah hujan yang tinggi pada Kamis (30/9) malam hingga Sabtu (2/10).

“Banjir disebabkan karena curah hujan yang tinggi dari malam hari tanggal 30 September 2021 hingga hari ini tanggal 2 oktober 2021. Ketinggian air bervariasi dari 50 cm -150 cm,” ucapnya.

Tim Tagana dan petugas gabungan harus menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi warga. Namun sampai saat ini Gunawan mengatakan bahwa belum ada korban jiwa maupun kerusakan material.

“Korban jiwa dan kerusakan sampai saat ini belum ada,” terangnya.

D For GAEKON