Bawa Poster ‘Pak Tolong Benahi KPK’ Saat Kunjungan Jokowi, 10 Mahasiswa UNS Ditangkap Aparat

0

Bawa Poster 'Pak Tolong Benahi KPK' Saat Kunjungan Jokowi, 10 Mahasiswa UNS Ditangkap AparatGaekon.com – Poster ‘Pak Tolong Benahi KPK’ di Solo, Jawa Tengah mendadak viral. 10 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang turut membentangkan poster saat menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo pada Senin (13/9) kini ditangkap aparat.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Medcom, Poster kertas bertuliskan ‘Pak Tolong Benahi KPK’ tersebut turut disita oleh aparat keamanan.

Atas kejadian itu, Presiden BEM UNS, Zakky Musthofa menyatakan pembentangan poster hanyalah upaya menyampaikan aspirasi kepada Presiden Jokowi. Pihaknya pun mengecam bentuk represif aparat.

“Mengecam dan mengutuk sikap represifitas aparat terhadap mahasiswa UNS karena apa yang diperbuat bukan tindakan kriminalitas atau perbuatan melawan hukum,” tulis Zakky.

Zakky menilai bahwa penangkapan mahasiswa tersebut adalah bentuk pembungkaman. Pihaknya menyayangkan pihak kampus yang tidak memberikan ruang untuk memberikan aspirasi dan pesan refleksi kepada Presiden melalui kajian yang telah dibuat.

“Penangkapan yang dilakukan aparat kepada 10 Mahasiswa UNS merupakan bukti bahwa pemerintah dan aparat telah berkhianat terhadap amanat reformasi,” ungkapnya.

Awalnya, salah satu mahasiswan UNS, Daffa membentangkan poster tersebut di halte UNS pada pukul 10.59 WIB. Daffa saat itu ditemani oleh dua orang temannya, Khanif dan Tekwo. Namun pada 11.13 WIB mereka bertiga dibawa oleh aparat.

Ketiganya dihampiri mobil berwarna hitam dan diangkut masuk ke dalam mobil. Tak lama berselang empat mahasiswa lainnya, Afif, Prama, Tema dan Ammar berencana melakukan aksi yang sama.

Tas milik empat mahasiswa itu diperiksa dan digeledah. Keempatnya kemudian dibawa oleh aparat dengan mobil berwarna putih. Selain itu, tiga mahasiswa lainnya bernama Mishbakh, Wicak, dan Raden juga mendapat perlakuan yang sama.

D For GAEKON