Berakhir Hari Ini, Bagaimana Nasib PPKM Selanjutnya?

0

Berakhir Hari Ini, Bagaimana Nasib PPKM Selanjutnya?Gaekon.com – Hari ini, Senin (30/8) hari terakhir PPKM periode 23-30 Agustus. Seharusnya hari ini menjadi hari terakhir, namun sampai pagi ini, pemerintah belum mengumumkan adanya perpanjangan PPKM atau penyesuaian leveling PPKM Jawa-Bali.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, pekan lalu Presiden Joko Widodo menyebut bahwa penangan Covid-19 secara keseluruhan mengalami perbaikan.

Selama PPKM Level 4, Kasus Covid Mengalami Penurunan

Pada periode perpanjangan, beberapa daerah yang menerapkan PPKM Level 4 juga terus mengalami penurunan, khususnya di Jawa-Bali.

Kasus harian menurun, kematian akibat Covid-19 juga turun, dan penyuntikan vaksin mengalami peningkatan.

Alhamdulillah pada hari ini, 24 Agustus kemarin, (angka kasus harian) kita sudah berada di angka 19 ribu dari 56 ribu. Inilah saya kira proses belajar juga yang kita lakukan,” ungkap Jokowi pada Rabu, (25/8).

Jokowi juga mengatakan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) telah mengalami perbaikan.

Pada pertengahan Mei, angka BOR nasional sempat berada di 29 persen kemudian pada Juli sempat melompat ke hampir 80 persen.

“Hari ini, kita sudah bisa turunkan lagi menjadi 30 persen, ini alhamdulillah. Ini juga patut kita syukuri. Semua bekerja. TNI-Polri, kementerian, BUMN, pemerintah, dan daerah, semuanya ramai-ramai,” terangnya.

Angka kesembuhan nasional pun mengalami peningkatan yang baik dan sudah berada di atas angka rata-rata dunia. Saat ini, tingkat kesembuhan Indonesia berada pada angka 89,97 persen, sementara rata-rata dunia pada angka 89,5 persen.

Terkait vaksinasi, dari sisi jumlah orang yang disuntik, capaian vaksinasi Indonesia berada pada peringkat ke-4 di dunia dari total 220 negara, setelah India, Amerika Serikat, dan Brazil.

Hingga saat ini, program vaksinasi nasional telah menjangkau 58,7 juta orang. Indonesia saat ini berada pada peringkat ke-7 di dunia dengan total suntikan mencapai 91,9 juta dosis. Posisi Indonesia hanya kalah dari Jerman, Jepang, Brazil, Amerika Serikat, India, dan Republik Rakyat Tiongkok.

D For GAEKON