Meskipun sudah menjaga kebersihan rumah, seringkali tembok rumah masih menjadi sasaran empuk jamur. Mereka menjadikan tembok rumah sebagai tempat tinggalnya. Jamur yang menempel di tembok ini sendiri ternyata bukan hanya satu saja.

Ada banyak jenis jamur yang seringkali mengganggu kebersihan tembok rumah. Jamur ini kerap tumbuh dan berkembang pada dinding yang lembap. Seringkali setiap orang mengabaikan jamur tersebut, dan hanya menganggapnya sepele. Padahal jamur – jamur tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Bukan hanya masalah tembok. Seringkali kebocoran pipa juga diabaikan, padahal akibat kerusakan ini bukan hanya soal air yang merembes tetapi juga akan memacu pertumbuhan jamur dan bakteri di dalamnya.

Pertumbuhan dan perkembangan jamur yang menempel secara tidak langsung akan semakin membuat lembap dinding rumah.

Menurut Direktur Program Udara Bersih Universitas Tulsa, Dr. Richard Shaughnessy, mengatakan bahwa ada banyak bahaya dalam dinding yang lembap. Diantaranya, jamur, bakteri, dan hama di dalam rumah.

Sementara itu tungau debu akan cenderung lebih agresif berada dirumah dengan kelembapan yang tinggi. Jamur – jamur yang mengganggu dan hidup di rumah kita ternyata banyak sekali jenisnya. Apa saja kira – kira ?

BERBAGAI JENIS JAMUR TEMBOK RUMAH

  • Jenis Jamur Tembok Alternaria

Jenis jamur ini seringkali ditemukan di rumah, baik ruangan dalam maupun luar. Pada umumnya jenis jamur alternaria ini berwarna hitam atau abu-abu dan termasuk dalam jenis jamus kelas B.

Biasanya mereka muncul di area yang lembap seperti, wastafel, shower, area gelap atau remang-remang, dan area yang rentan kotor.

Jamur alternaria ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Karena jamur ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti asma dan alergi.

  • Jenis Jamur Tembok Aspergillus

Jenis jamur tembok selanjutnya adalah Aspergillus. Aspergillus termasuk jamur yang sangat membahayakan orang-orang disekitarnya.

Jamur ini sangat familiar. Mereka sering ditemukan di dinding, kertas, baju, sekat-sekat, dan berbagai tempat lainnya. Aspergillus ini sendiri memiliki variasi warna, mulai dari coklat hingga hitam.

Jamur tembok yang satu ini juga sangat berbahaya untuk kesehatan. Karena jamur ini bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti infeksi pernafasan, alergi, dan paru-paru yang meradang. Aspergillus termasuk spesies jamur yang masuk kedalam kelas A hingga B.

  • Jenis Jamur Tembok Aureobasidium

Jenis jamur tembok yang ketiga adalah Aureobasidium. Jamur Aureobasidium ini paling sering ditemukan pada furnitur kayu, permukaan dinding, dan wallpaper yang dicat serta sekitar jendela.

Ciri-ciri dari spesies jamur ini adalah bintik-bintik dengan warna merah muda dan hitam.

  • Jenis Jamur Tembok Chaetomium

Jenis jamur tembok Chaetomium biasanya dapat ditemukan pada dinding yang telah mengalami kerusakan air hingga menimbulkan efek kelembapan.

Mendeteksi adanya jamur chaetomium sangatlah mudah. Yaitu Apabila hidung sudah mulai mencium bau apek, maka tandanya ada kehadiran spesies jamur ini pada di lingkungan tersebut.

  • Jenis Jamur Tembok Cladosporium

Jenis jamur yang satu ini sangat mengganggu udara disekitar kita. Jamur tembok Cladosporium termasuk salah satu spesies pencemar udara terburuk dalam ruangan.

Jamur ini dapat ditemukan dalam area dingin dan hangat seperti karpet, lantai kayu, lemari kayu, dan kain-kain yang umurnya sudah tua. Jamur Cladosporium mempunyai ciri khas berwarna hijau. Mereka termasuk dalam kelas B dan C.

Penampakan jamurnya bisa ditandai dengan bercak-bercak berwarna hijau, coklat, abu-abu, hingga hitam.

  • Jenis Jamur Tembok Fusarium

Jenis jamur tembok yang satu ini bukan hanya mengganggu pencemaran udara saja. Namun juga membahayakan kesehatan orang disekitarnya. Jamur Fusarium dapat menyebabkan reaksi alergi standar serta infeksi dan peradangan pernapasan.

Jenis jamur tembok ini dapat tumbuh pada area yang lebih dingin dan basah. Jamur tembok Fusarium ini memiliki ciri khas warna kuning.

  • Jenis Jamur Penisilin

Penisilin adalah jenis jamur yang dapat ditemukan dalam ruangan seperti, isolasi, perabotan yang sudah rusak namun digenangi air, karpet, dan masih banyak lagi.

Jamur ini dikenal dapat dengan cepat menyebar ke seluruh rumah. Selain itu jamur Penisilin juga membahayakan kesehatan tubuh, karena dapat menyebabkan pemilik rumah mengalami masalah pernapasan. Masalah pernapasan tersebut seperti, infeksi sinus, radang paru-paru hingga alergi.

  • Jenis Jamur Stachybotrys chartarum

Spesies ini dikenal sebagai jamur beracun. Racunnya dikenal sebagai mikotoksin yang bisa menyebabkan korbannya mengalami depresi, kelelahan, asma, dan masih banyak lagi.

Stachybotrys dapat ditemukan pada area yang lembap, seperti pipa dan saluran pendingin ruangan.Jamur hitam ini termasuk dalam kelas A, yaitu kategori jamur yang membahayakan.

  • Jenis Jamur Tembok Penicillium

Jenis jamur Penicillium termasuk dalam kelas B dan C. Jamur ini tidak hanya memiliki satu warna saja. Penicillium berwarna biru, kuning, hijau, sampai hitam. Jamur ini biasanya dapat ditemui di sekat-sekat, tembok, dan tempat lainnya.

Walaupun jamur ini berbahaya ternyata dalam dunia kedokteran penicillium bermanfaat sebagai antibiotik.

  • Jenis Jamur Tembok Serpula lacrymans

Serpula lacrymans umumnya ditemukan di luar tetapi juga dapat tumbuh di permukaan kayu.Jamur ini menyebabkan pembusukan yang kering di dalam kayu karena hanya memakan permukaannya saja. Serpula lacrymans ini sendiri ditandai dengan warna kuning.

  • Jenis Jamur Tembok Trichoderma

Jamur tembok Trichoderma biasanya dapat ditemui di dalam karpet basah, wallpaper, dan permukaan yang serupa.

Jenis jamur yang satu ini juga berbahaya bagi kesehatan. Karena korban penghisap jamur ini bisa terserang infeksi sinus, reaksi alergi, dan masih banyak lagi.

  • Jenis Jamur Tembok Acremonium

Jamur ini memiliki beragam penampakan mulai dari berwarna putih, abu-abu, hingga hitam. Beberapa spesiesnya termasuk dalam kelas membahayakan bagi manusia yaitu, kelas A dan kelas B.

  • Jamur Mucor

Jamur tembok ini terlihat putih dan sering ditemukan dalam keadaan bercak yang tebal. Jamur Mucor ini biasanya dapat ditemui di karpet basah atau dekat unit pendingin udara seperti, air conditioner.

Paparan jamur putih ini bisa menyebabkan risiko kesehatan yang ektrem seperti, infeksi sinus.

  • Geotrichum

Jenis Jamur tembok yang satu ini bernama Geotrichum. Geotrichum biasanya berwarna putih dan tampak seperti tepung.

Jenis jamur ini sering dikaitkan dengan gangguan kondisi kesehatan seperti, TBC hingga infeksi paru-paru.

Jamur Geotrichum berkembang biak di lingkungan yang lembap serta iklim sedang. Biasanya bisa menyebar di udara sehingga mengakibatkan mata gatal, kelelahan, sampai sakit kepala kronis.

KL For GAEKON