Fasih Berbahasa Jawa, Tentara Australia Ini Ternyata Bukan Bule

0

Fasih Berbahasa Jawa, Tentara Australia Ini Ternyata Bukan BuleGaekon.com – Siapa sangka, seorang anggota tentara di Australia bisa berbicara bahasa jawa. Video tersebut sontak menyita perhatian publik.

Rupanya, tentara itu bukanlah bule, melainkan pria yang berasal dari Jember, Jawa Timur. Tak heran jika berbicaranya sangat medhok.

Dalam video yang diunggah akun @kreatifhijau di TikTok memperlihatkan seorang pria mengenakan seragam tentara Australia. Ia terlihat sedang berbicara dengan pria diduga TNI.

Mengenakan kacamata hitam dan topi tentara, ia menjawab berbagai pertanyaan dengan menggunakan bahasa Indonesia, sesekali memakai bahasa Jawa.

“Setelah jadi warga negara, ya?” tanya pria diduga TNI yang merekam video.

“Iya, Pak. Sejak kecil saya di sini,” jawab tentara Australia asal Jember tersebut.

Tentara Australia Yang Berasal Dari Jember

Dijelaskan bahwa dirinya sudah belasan tahun bergabung dengan tentara Australia. Para TNI kemudian menguji tentara Australia itu terkait kefasihan berbahasanya.

Ternyata pria ini mahir tiga bahasa, yakni Indonesia, Jawa, dan Inggris. Awalnya perekam video mengira bahwa pria tersebut berasal dari Malang, Jawa TImur.

Namun, setelah dipastikan, diketahui bahwa pria yang masih kental berlogat Jawa ketika berbicara tersebut adalah berasal dari Jember.

“Tiang Jember kulo, Pak (orang Jember saya, Pak),” jawab pria tersebut.

Meski sudah berkewarganegaraan Australia, pria tersebut ternyata tak menikah dengan warga lokal. Ia justru mengaku memperistri seorang perempuan asal Jawa.

Video tersebut sontak viral, ditonton hingga lebih dari 2 juta kali dan disukai oleh lebih dari 300 ribu orang.

“Eh buset, seperti saya orang Jember. Bangga banget saya sebagai orang jember. Kayak gimana bisa menembus Australia,” ujar @chiqo_jbr.

“Salut sama bapaknya. Meskipun jadi tentara di luar negeri, perilaku dan adabnya masih melekat Indonesia,” ungkap @deny23_saggaf.

D For GAEKON