Berjenggot Tebal, Babi Ini Dikira Babi Ngepet

0

Berjenggot Tebal, Babi Ini Dikira Babi NgepetGaekon.com – Kasus babi ngepet yang terjadi beberapa waktu lalu membuat masyarakat terdoktrin bahwa manusia yang menyerupai babi itu memang ada.

Seperti kejadian yang baru-baru ini terjadi, ada seekor babi memiliki jenggot layaknya manusia. Hal ini membuat masyarakat khawatir jika itu ternyata adalah babi ngepet.

Dalam video yang diunggah akun @fakta.indo di Instagram ini memperlihatkan seekor babi brewok lebat masuk ke pekarangan rumah warga. Babi ini terlihat sedang berkeliling untuk mencari-cari makan.

Ukuran babi ini tidak terlalu besar, badannya kurus dan telinganya terlihat naik ke atas. Dari penampilannya yang sedikit aneh itu membuat masyarakat mengira bahwa itu adalah babi ngepet.

Namun dalam keterangan di video mengungkapkan bahwa jenis babi tersebut memang ada. Biasanya, dikenal dengan babi berjanggut atau sus barbatus.

Hewan jenis ini memang bisa dibilang mulai langka. Maka tak heran jika manusia jarang menemuinya.

“Babi brewok atau dikenal sebagai babi berjanggut (sus barbatus) termasuk hewan yang sudah jarang ditemui,” kata akun pengunggah.

“Babi hutan ini dinamai babi berjanggut karena ia memiliki bulu yang melengkung ke atas dan ke depan, menutupi pipinya dan rahang bawahnya,” tambahnya.

Video ini akhirnya viral dan ditonton lebih dari 340 ribu kali. Banyak warganet yang turut berkomentar melihat hewan yang dituduh babi ngepet ini.

“Di Bromo masih banyak itu, di bantengan bawah Ranu Pani. Biasanya, saat fajar, mereka lari bergerombol cari makan. Dan saat petang, lari lagi bergerombol pulang ke sarangnya,” ujar akun @tama_alletha.

“Pasti bini babinya gak pernah bersih kalau nyapu,” kata akun @jlmhrn.

Babi ini dapat ditemukan di Semenanjung Malaya, Sumatra, Kalimantan, hingga Kepulauan Sulu. Biasanya, babi berjenggot memakan buah-buahan hingga biji-bijian.

D For GAEKON