Bertahun-Tahun Ditelantarkan, Kakak Beradik Ini Gugat Ibunya Rp 12 Miliar

0

Bertahun-Tahun Ditelantarkan, Kakak Beradik Ini Gugat Ibunya Rp 12 MiliarGaekon.com – Kasus anak gugat ibu kandungya di Kota Medan sudah berjalan sampai tahap replik. Kakak beradik Lando Fortericho (23) dan Lidya Sri Thalita (20) ini menggugat sang ibu Ria Desi Br Hutapea secara perdata senilai Rp 12 miliar.

Kakak beradik itu menggugat ibu kandungnya ke Pengadilan Negeri Medan karena merasa telah ditelantarkan. Pengacara penggugat, Bukit Sitompul mengatakan bahwa gugatan sudah berjalan, bahkan persidangan sudah sampai tahap replik pada Senin (25/1) kemarin.

Sitompul mengatakan bahwa kliennya itu merupakan anak dari Ria dan suaminya bernama Fery Donald Sinurat. Mereka memiliki adik perempuan yang masih SMA. Keduanya merupakan warga Kelurahan Timbang Deli, Medan Amplas, Kota Medan.

Kakak beradik itu meminta ibunya membayar ganti rugi sebesar Rp 12.075.000.000 (Dua Belas Miliar Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah). Ia meminta sang ibu agar menjalankan kewajibannya sebagai seorang ibu. Karena Ria tidak menafkahi anak-anaknya dalam kurun waktu tertentu.

Kasus ini berawal dari meninggalnya Fery Donald Sinurat karena alami kecelakaan pesawat Mandala Air RI-091 di Medan, tahun 2005. Dana pensiun dan asuransi dari maskapai, dibelikan Ria sebidang tanah di Medan yang di atasnya terdapat bangunan sebuah gudang.

Di lokasi itu juga, di bangun 2 unit rumah. Pada 2006, ibunya menjadi honorer pengganti ayahnya di kantor Kementerian Kominfo Sumut dan pada 2014 dia menjadi PNS. Hingga akhirnya pada 2015 Ria memiliki teman laki-laki.

Lando tak suka dengan teman laki-laki ibunya itu karena sering datang ke rumah dan pulang larut malam. Pada 26 April 2015, warga menggerebek rumah mereka. Setelah kejadian itu, paginya Ria meninggalkan ketiga anaknya. Lando dan Lidya merasa ditelantarkan.

Ria sempat membantahnya dengan mengatakan kerap memberi uang Rp2 juta per bulan sejak 2018 hingga 2020. Namun menurut Sitompul itu tidak bisa menjadi tolok ukur terpenuhinya hak penggugat dalam hidup, tumbuh, berkembang.

D For GAEKON