Bertemu Presiden Jokowi RI-Jepang Bahas Kerjasama Bilateral

0

Bertemu Presiden Jokowi RI-Jepang Bahas Kerjasama BilateralGaekon.com – Pada hari Selasa (20/10/2020) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta istri Ibu Mariko Suga di Istana Kepresidenan Bogor.

Sebelumnya, oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, kedatangan PM Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Selasa (20/10/2020) disambut di tangga pesawat.

Setelah para rombongan tiba di bandara, mereka kemudian langsung menuju ke Istana Kepresidenan Bogor dimana telah disiapkan upacara penyambutan resmi. Pada pukul 16.00 PM Jepang pun tiba di Istana yang kemudian disambut langsung oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Setelah upacara penyambutan, agenda dilanjutkan dengan Sesi Foto Bersama, Penandatanganan Buku Tamu, Penanaman Pohon, dan Pertemuan Bilateral. Rencananya akan dilaksanakan Pernyataan Pers Bersama setelah pertemuan tersebut.

Disisi yang lain, sebelumnya Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi telah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu terkait rencana kunjungan PM Suga ke Indonesia. Selain itu PM Suga mengunjungi Vietnam pada Senin (20/10/2020) sebelum menuju ke Indonesia.

Sementara itu Presiden Jokowi menyambut baik kedatangan Suga dalam rangka kunjungan bilateral tersebut.

“Di tengah dunia yang tengah dilanda ketidakpastian, kunjungan ini menunjukan bahwa kita memilih bekerja sama dan saling mendukung satu sama lain,” kata Jokowi usai pertemuan yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Setidaknya, ada empat poin yang disebutkan Jokowi hasil dari pertemuannya dengan PM Jepang Suga. Mulai dari penanganan pandemi Covid-19 hingga terkait dengan kerjasama ekonomi kedepannya di antara kedua negara.

Z For GAEKON