Berwarna Kuning, Warga Jembrana Keluhkan Kualitas Beras Bansos Kemensos

0

Berwarna Kuning, Warga Jembrana Keluhkan Kualitas Beras Bansos Kemensos

Gaekon.com – Beras bantuan sosial di masa PPKM Darurat dari Kemensos RI di Kabupaten Jembrana, Bali belum didistribusikan ke warga. Hal ini lantaran kualitas beras tersebut masih diragukan.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Suarabali, pembagian bansos ini ditahan, lantaran beberapa warga yang menerima beras tersebut mengaku mengeluh dengan kualitas bansos Kemensos. Sehingga di beberapa desa di Jembrana belum berani menyalurkan.

Dari informasi yang beredar, beras ini dipasok langsung dari pihak penyalur dari Kemensos. Sebelum disalurkan ke sejumlah kantor desa/kelurahan, beras tersebut diletakkan di dekat Kantor Camat Negara.

Sekilas Terlihat Bagus, Jika Diteliti Warnanya Kuning

Menurut sejumlah warga yang menerima, beras 5 kilogram yang diterima tersebut bercampur warna kuning. Jika dilihat sekilas beras tersebut terlihat bagus, namun jika diteliti warnanya ternyata kuning.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jembrana, I Made Dwipayana menerangkan bahwa pihaknya telah menarik sejumlah beras bantuan Kemensos RI yang dikeluhkan warga. Beras yang ditarik tersebut akan diganti oleh penyalur.

Pihaknya menunda penyaluran di 2 desa dari pengakuan warga tersebut. Namun setelah dicek rencananya besok, Kamis (5/8) dibagikan.

“Beras tersebut sudah ditarik dan akan diganti oleh penyalur tersebut. Kemarin transpoter tani datang malam-malam. Dan terus tadi kami berkeliling di Desa Tegalbadeng Barat dan Kaliakah diskusi tentang berasnya,” ujarnya.

Dwipayana mengatakan warna beras tersebut bervariasi. Ada beberapa kantong yang agak kekuningan dan ada beberapa butir saja yang agak coklat muda.

Namun, Dwipayana menampik bau apek, secara umum beras bersih tidak ada kutu. Ia mengatakan beras masih masuk kategori beras medium. Namun belum diketahui hasilnya jika dimasak jadi nasi seperti apa.

D For GAEKON