Bikin Haru Lulus Predikat Cum Laude, Seorang Ayah di Makassar Gantikan Wisuda Putrinya yang Meninggal

0

Gaekon.com – Dalam sebuah proses wisuda di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar, angkatan ke-86 diwarnai dengan momen haru. Peristiwa tersebut datang dari salah satu wisudawati yaitu, A Musdalifa Arif (20), Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, yang meninggal dunia beberapa bulan sebelum diwisuda.

Ketika wisuda tersebut, Sang ayah Muh Arif Bochari (50), yang datang mewakili wisuda putrinya, tak henti-hentinya meneteskan air mata. Tangis tersebut semakin tak terbendung ketika dirinya menerima piagam dan ijazah dari rektor.

Suasana semakin terasa haru ketika tangisan sang ayah pecah ketika turun dari panggung wisuda. Bahkan tamu yang hadirpun ikut meneteskan air matanya.

Menurut informasinya, sang anak meninggal dunia sebelum mengikuti wisuda. Tepatnya pada bulan Mei 2020 lalu, Musdalifa meninggal dalam kecelakaan tunggal setelah menjenguk temannya di Kabupaten Bulukumba.

Sang ayah mengaku bahwa putrinya bercita-cita ingin melanjutkan studinya di Kediri. Namun takdir berkata lain. Sang anak bahkan ingin memberikan tempat spesial kepada kedua orang tuanya pada hari wisudanya nanti. Dirinya mengaku sedih sekaligus terharu. Apalagi anaknya lulus dengan predikat cum laude setelah mendapatkan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,90.

“Kemarin, sebelum wisudanya, dia rencana ke Kediri dan setelah dari Kediri ambil S2-nya. Oh iya, anak saya pernah bilang kalau diwisuda itu saya harus ditempatkan di tempat VIP,” kata Bochari di kampus UIN Alauddin, Makassar, Selasa (11/8/2020).

“Bersedih sih dan saya anggap ini terharulah karena nilai anak saya alhamdulillah 3,90. Itu cum laude dia,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis memberikan hak istimewa kepada orang tua almarhumah yang meninggal karena kecelakaan tunggal dengan memberikannya langsung ijazah dan menyalami langsung orang tuanya.

“Sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada mahasiswi kami yang meninggal dunia, kami memberikan langsung ijazah kepada orang tuanya,” tegasnya.

Z For GAEKON