Bikin Konten ‘Memanggil Arwah’ Vanessa Angel, Pemilik Akun Ini Dikecam Warganet Hingga MUI Angkat Bicara

0

Bikin Konten ‘Memanggil Arwah’ Vanessa Angel, Pemilik Akun Ini Dikecam Warganet Hingga MUI Angkat BicaraGaekon.com – Ditengah kesedihan atas meninggalnya Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, kini bermunculan creator konten yang memanfaatkan momen tersebut. Mereka membuat konten ‘memanggil arwah’ Vanessa untuk menarik perhatian banyak warganet.

Alhasil, ide konyol mereka itu mendapat kecaman dari para warganet. Konten ‘memanggil arwah’ Vanessa Angel itu diunggah oleh sebuah akun YouTube, namun konten tersebut sudah dihapus. Pemilik akun Youtube yang membuat konten itu sontak meminta maaf dan membuat klarifikasi.

MUI menyayangkan adanya Youtuber yang membuat konten tersebut. Wasekjen MUI, Muhammad Ziyad menyayangkan dan menyesalkan masih ada orang-orang yang membicarakan saudaranya yang telah meninggal.

“Terkait adanya konten YouTuber yang melakukan pemanggilan arwah atas almarhumah Vanessa Angel, sungguh saya sangat menyayangkan dan menyesalkan masih ada orang-orang yang membicarakan saudaranya yang telah meninggal,” katanya.

Ziyad lantas menyebut hadis yang melarang setiap orang mencela mayat atau orang yang sudah meninggal. Ia mengatakan apa yang dilakukan YouTuber itu perbuatan tercela dan dilarang oleh agama.

Ziyad meminta setiap orang harus menunjukkan sikap empati kepada keluarga yang berduka. Menurutnya, sudah menjadi tugas pokok orang yang masih hidup mendoakan orang yang telah meninggal.

Konten ‘Memanggil Arwah’ ini juga melukai sahabat Almarhumah Vanessa, Emma Warokka. Ia turut mengecam video ‘panggil arwah’ tersebut.

“Astagfirullah, jahat banget. Itu parah banget, sih. Nggak suka banget aku kayak gitu,” kata Emma.

Emma mengaku bahwa ia sama sekali tidak percaya dengan konten-konten berbau mistis.

“Nggak ngertiin banget. Dan aku nggak percaya yang kayak gitu-gitu. Nggak percaya sama sekali. Sok-sokan manggil itu ya yang di video itu? Alamak,” ujarnya.

Emma menilai konten itu tak memiliki empati di tengah situasi duka atas kepergian Vanessa Angel dan Bibi. Terlebih, menurutnya, konten viral tersebut hanya untuk keuntungan pribadi.

“Dan itu buat apa? Buat naikin followers? Buat apa? Buat keuntungan pribadi? Kok jahat banget, ya,? Tega banget orang cari duit kayak gitu. Nggak respek,” pungkasnya.

D For GAEKON