Bikin Merinding, Lampung Diguncang Gempa Bumi Hingga 181 Kali

0

Bikin Merinding, Lampung Diguncang Gempa Bumi Hingga 181 KaliGaekon.com – Ratusan gempa bumi terjadi di Provinsi Lampung. Sejak Kamis (1/7) pukul 05.11 WIB hingga Jumat (2/7) pukul 05.42 WIB terjadi 181 kali gempa bumi dengan berbagai macam magnitudo.

Kepala Bidang Mitigasi, Gempabumi, dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono membenarkan hal itu.

“Hasil monitoring BMKG terhadap aktivitas gempa swarm di Teluk Semangko, Tanggamus, Lampung sejak 1 Juli 2021 pukul 5.11 WIB hingga 2 Juni 2021 pukul 5.42 WIB (pagi hari ini) tercatat sebanyak 181 kali dgn magnitudo terkecil 1,1 dan terbesar 4,6 dengan guncangan dirasakan 10 kali,” ucap Daryono.

Getaran paling besar dengan magnitudo 4,6 terjadi pukul 08.50 WIB, kemarin. Gempa berpusat di laut, 14 km barat daya Tanggamus. Pusat gempa berada pada koordinat 5.59 Lintang Selatan (LS) dan 104.61 Bujur Timur (BT).

Gempa Bumi Tidak Berpotensi Tsunami

Benda-benda ringan yang digantung ikut bergoyang. Meski demikian dipastikan gempa tidak berpotensi tsunami. Getaran akibat gempa bumi tersebut juga turut dirasakan masyarakat setempat.

“Merinding banget loh. Seumur-umur baru kali ini ngerasain gempa seharian,” tulis @yemima_sentosa.

“Tidur gak nyaman sampai ketakutan gempa makin (terjadi) terus menerus di Kota Agung ya Allah,” Kata @mis_egaa.

Sampai saat ini belum diketahui pasti terkait adanya kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. Untuk diketahui, Gempa Swarm adalah serangkaian aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya sangat tinggi dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal.

D For GAEKON