Bikin Merinding, Tanah Makam Ini Tiba-Tiba Meninggi Hingga 1,5 Meter

0

Bikin Merinding, Tanah Makam Ini Tiba-Tiba Meninggi Hingga 1,5 MeterGaekon.com – Peristiwa aneh yang satu ini seketika membuat warga sekitar merinding. Sebuah makam di area pemakaman umum tiba-tiba meninggi. Tanah kuburan itu terus naik hingga mencapai satu setengah meter.

Dalam sebuah video yang diunggah akun @cetul.22 di instagram memperlihatkan tanah makam yang tiba-tiba meninggi. Kejadian ini terjadi di Korong, Kampung Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Kejadian aneh ini membuat warga sekitar penasaran, hingga akhirnya mereka berbondong-bondong datang ke lokasi. Gundukan tanah kuburan ini naik mencapai satu setengah meter.

Lebar dan panjangnya sekitar tiga hingga tiga setengah meter. Bahkan batu nisan kuburan tersebut juga terlihat naik dan tak rusak sama sekali.

Anehnya, kuburan yang berada di sebelahnya tampak normal seperti biasa. Diketahui bahwa kuburan tersebut tidak dibuat tinggi secara sengaja.

Video ini akhirnya beredar luas di media sosial dan menyita perhatian warganet. Menurut ahli geologi, Ade Edwar, gundukan tanah kuburan yang meninggi disebut ‘diapir’ atau dikenal dengan istilah ‘tanah tumbuh’.

Diapir terjadi akibat berat jenis material pada bagian bawah lebih ringan daripada bagian atas. Hal tersebut membuat tanah menjadi lebih tinggi.

Gundukan tanah meninggi itu juga bisa disebabkan karena patahan Sumatera, seperti yang pernah terjadi di pinggir jalan Lubuk Selasih beberapa waktu lalu. Ade meminta agar warga tidak mengaitkan fenomena tersebut dengan hal mistis.

Saat ini, pihak pemerintah kampung memasang tali sebagai pagar sementara di sekitar area kuburan untuk menghindari terjadinya perusakan.

D For GAEKON