Bak Membelah Langit, Begini Penjelasan BMKG Soal Fenomena Awan Putih Garis Panjang Di Pacitan

0

Bak Membelah Langit, Begini Penjelasan BMKG Soal Fenomena Awan Putih Garis Panjang Di PacitanGaekon.com – Fenomena awan putih membentuk garis panjang bak membelah langit di Pacitan, Jawa Timur hebohkan dunia maya. Menurut penjelasan BMKG, awan tersebut termasuk langka.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Fenomena awan putih itu terjadi pada Jumat (6/8) di Ngampel Ploso, Pacitan, Jawa Timur, tepatnya 2 km dari arah laut.

Ada Dua Dugaan Fenomena Awan Putih Lurus Di Pacitan

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono ada dua dugaan terkait awan putih lurus di yang terjadi di Pacitan.

“Dugaan pertama adalah itu merupakan roll cloud atau awan gulung. Awan ini termasuk langka tetapi memang beberapa kali terjadi di beberapa tempat,” terangnya.

Daryono menerangkan bahwa awan tersebut terbentuk karena dua masa udara dengan kandungan uap air yang berbeda.

Selain itu bisa jadi dikarenakan pertemuan angin regional dengan angin laut/darat yang terbentuk pada garis front dua masa udara yang berbeda kandungan uap airnya. Sementara itu dugaan kedua awan ini diduga terbentuk akibat lintasan pesawat jet.

Menurut Daryono jika kejadian itu disebabkan pesawat maka jejaknya relatif kecil. Diameter awannya lebih kuat dengan warna langit.

“Contrail (jejak uap air) ini umurnya sangat pendek biasanya dalam skala menit bisa hilang, bentuknya mirip awan cirrus,” ungkapnya.

Dua dugaan itu muncul lantaran tayangan video viral di sosial media kurang jelas. Namun Daryono menegaskan bahwa kejadian di Pacitan adalah fenomena biasa, bukan pertanda akan terjadi gempa atau bencana lain.

Daryono menghimbau agar masyarakat sekitar tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan isu yang belum diketahui kebenarannya.

D For GAEKON