Bolehkah Niat Puasa Ramadhan Diucapkan Sekali Saja?

0

Gaekon.com – Bila nanti hilal terlihat maka Besok Jumat 23 April 2020 umat Islam di Indonesia akan menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Sebelum puasa biasanya muslim membaca niat pada petang hari sebelumnya. Namun, apa hukumnya bila niat puasa diucapkan hanya sekali dalam satu bulan?

Niat sendiri adalah salah satu rukun agar ibadah puasa Ramadhan menjadi sah. Mengutip dari berbagai sumber kitab Fiqh Puasa diantaranya dari kitab Al Fiqhul Manhaji All Madzhabil Imam Syafi’i karangan Dr Musthofal Khin, Dr Musthofal Bugho dan Ali Asy Syarbaji.

Juga kitab Ath Thaqrirotus Sadidah Fil Masailil Mufidah karangan Hasan bin Ahmad bin Muhammad bin Salim Al Kaf menjelaskan sebagai berikut:

1. Niat puasa Ramadhan harus disebutkan bahwa ini adalah berpuasa untuk bulan Ramadhan untuk membedakan apakah dengan puasa sunnah.

2. Wajib berniat setiap hari karena puasa setiap hari itu ibadah yang terpisah. Tidak cukup niat satu kali untuk sebulan menurut pendapat yang mu’tamad. Tetapi disunnahkan berniat sekali untuk satu bulan karena ada dua faidah:

Sahnya puasa hari yang lupa tabyit niat di dalamnya menurut madzhab Imam Malik. Mendapat pahala yang penuh jikalau meninggal sebelum penuh sebulan, karena mengambil ibarat dari niatnya.

Niat itu dalam hati, dan tidak disyaratkan dilafadzkan, tetapi disunnahkan melafadzkannya untuk membantu hati. Tabyit niat (niat puasa di malam hari), yaitu antara tenggelamnya matahari hingga terbitnya fajar.

Makan dan jima’ atau berhubungan badan dan semisalnya setelah niat itu tidak membatalkan niat. Waktu yang utama untuk berniat puasa adalah sepertiga atau separuh malam yang akhir

Lafadz niat puasa Ramadhan yang mencukupi menurut pendapat yang mu’tamad adalah:

نويت صوم رمضان

Artinya: “Saya berniat puasa Ramadhan”

Lafadz niat puasa Ramadhan yang sempurna sebagai berikut:

نويت صوم غد عن أداء فرض شهر رمضان هذه السنة هلل تعاى

Artinya: “saya berniat puasa esok hari untuk menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.

K For GAEKON