BPOM Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Sputnik-V Asal Rusia

0

BPOM Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Sputnik-V Asal RusiaGaekon.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengeluarkan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin Covid-19 Sputnik-V pada Selasa (24/8).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito mengatakan proses pemberian EUA Vaksin Covid-19 Sputnik-V telah melalui pengkajian secara intensif bersama Tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Covid-19 dan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Vaksin asal Rusia ini telah mengacu pada pedoman evaluasi mutu vaksin yang berlaku secara internasional.

Sementara itu efek samping dari penggunaan Vaksin Covid-19 Sputnik-V ini yang paling umum dirasakan yaitu flu, demam, hingga nyeri sendi.

“Efek samping paling umum yang dirasakan adalah gejala menyerupai flu (a flu-like syndrome), yang ditandai dengan demam, menggigil, nyeri sendi (arthralgia), nyeri otot (myalgia), badan lemas (asthenia), ketidaknyamanan, sakit kepala, hipertermia, atau reaksi lokal pada lokasi injeksi,” kata Penny.

Untuk Efikasi vaksin atau tingkat kemanjuran vaksin dalam melawan suatu penyakit pada orang yang sudah divaksinasi saat tahap uji klinis memberikan efikasi sebesar 91,6 persen.

“Untuk efikasinya, data uji klinik fase 3 menunjukkan Vaksin COVID-19 Sputnik-V memberikan efikasi sebesar 91,6 persen (dengan rentang confidence interval 85,6 – 95,2 persen),” lanjutnya.

Vaksin Covid-19 Sputnik-V sendiri dikembangkan oleh The Gamaleya National Center of Epidemiology and Microbiology di Rusia. Vaksin ini menggunakan platform Non-Replicating Viral Vector (Ad26-S dan Ad5-S).

Vaksin ini didaftarkan oleh PT Pratapa Nirmala sebagai pemegang EUA dan bertanggung jawab untuk penjaminan keamanan dan mutu vaksin ini di Indonesia.

Bersamaan dengan penerbitan EUA Vaksin Covid-19 Sputnik-V ini, BPOM juga menerbitkan factsheet yang dapat diacu oleh Tenaga Kesehatan serta factsheet yang dikhususkan untuk masyarakat.

D For GAEKON