BPOM Resmi Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 Moderna

0

BPOM Resmi Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 ModernaGaekon.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 moderna.

Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh Kepala BPOM Penny Lukito. Pihaknya mengatakan bahwa telah menambah satu jenis Vaksin Covid-19 yaitu Moderna.

“Kemarin kami menambahkan satu lagi jenis vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan UEA dari BPOM Indonesia, Vaksin Covid-19 Moderna” terangnya.

Vaksin Covid-19 Moderna Untuk Usia 18-65 Tahun

Penny mengatakan bahwa Vaksin moderna ini hanya diperuntukkan bagi bagi kelompok usia 18-65 tahun dengan efikasi atau kemanjuran menunjukkan angka 94,1 persen dan 86,4 persen kepada usia di atas 65 tahun.

Vaksin ini juga menunjukkan efikasi yang serupa dan profil keamanan pada kelompok populasi dengan komorbid.

Dengan ini Vaksin moderna bisa diberikan pada individu dengan penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, lever hati, dan HIV.

Penny juga menegaskan bahwa Vaksin moderna ini belum bisa disuntikkan kepada masyarakat dengan kelompok usia anak.

“Moderna belum bisa, karena mungkin masih uji klinik, belum bisa digunakan untuk anak,” ungkapnya.

Vaksin moderna menjadi vaksin pertama yang mendapat Izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari BPOM menggunakan platform mRNA. BPOM sebelumnya juga telah menerbitkan izin UEA pada vaksin CoronaVac, AstraZeneca, Bio Farma dan Sinopaharm.

D For GAEKON