Buka Lahan Kebun Sawit, 2 Pekerja Ini Diadang Harimau Sumatra

0

Buka Lahan Kebun Sawit, 2 Pekerja Ini Diadang Harimau SumatraGaekon.com – Seekor Harimau Sumatra mendadak bikin panik pekerja di kebun sawit, Nagari Situak Ujung Gading, Kecamatan Lembah Malintang, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat.

Pasalnya, harimau itu mengadang eskavator yang sedang membuka lahan baru untuk kebun sawit. Awalnya, Saing Siregar bersama Fahmi Batura sedang mengoperasikan eskavator untuk membuka lahan baru kebun sawit.

Hanya berselang 1 jam bekerja, tiba-tiba ada seekor harimau dari balik semak. Disebutkan bahwa hewan berkaki empat berwarna oranye loreng hitam itu adalah Harimau Sumatra langka.

Harimau itu dengan santainya berjalan mendekati eskavator yang tengah dioperasikan Saing. Sementara itu, Fahmi yang sedang diluar eskavator langsung masuk ke dalam kabin.

“Bang ada harimau mendekati kita, harimau ada di bawah,” kata Fahmi sembari gemetar memberitahu Saing.

Saing kemudian langsung menghentikan alat beratnya. Harimau itu berjalan ke arah karyawan yang sedang memanen buah tandan segar kelapa sawit.

“Saya menghalau harimau menggunakan alat berat dan langsung lari ke lokasi pertama. Saat itu kami mengambil video harimau dengan kamera ponsel yang kami miliki,” katanya.

Saing melanjutkan pekerjaannya usai harimau itu pergi. Namun lagi-lagi harimau itu kembali muncul. Ia mencoba mengusir harimau ke lokasi pertama hewan itu muncul. Namun harimau itu tak kunjung pergi. Saing kemudian memutuskan untuk menghentikan pekerjaannya dan membawa alat berat ke tempat istirahat.

Koordinator Peralatan, Dedi Lubis, mengatakan lahan perkebunan kelapa sawit yang dijaga olehnya memang sering didatangi harimau Sumatera, bahkan satu minggu lalu ia menemukan jejak kaki harimau berukuran besar.

Tim BKSDA saat ini sudah memasang kamera pengintai untuk memonitor keberadaan satwa dan akan melakukan penghalauan harimau ke kawasan hutan lindung. Penghalauan dilakukan siang dan malam hari dengan cara bunyi-bunyian di lokasi perkebunan kelapa sawit.

D For GAEKON