Bukan New Normal Lagi, Pasar-pasar di Ibukota Ini Rame Pengunjung!

0

Gaekon.com – Beberapa pemerintah daerah memang mengagendakan untuk melonggarkan pelaksanaan PSBB di daerahnya demi menggerakan lagi roda perekonomian, dan memberi masyarakat kesempatan untuk berbelanja menjelang hari raya Idul Fitri.

Namun, apakah sudah dipikirkan dampaknya bila kerumunan menjadi terlalu ramai? Bukankah hal itu dapat menimbulkan risiko penularan Covid-19? Berikut ini beberapa situasi pasar di berbagai daerah yang ramai pegunjung untuk edisi Jumat (22/5).

Di ibu kota DKI Jakarta, ada beberapa lokasi pasar yang bejubel pengunjungnya. Salah satunya adalah kawasan Pasar Minggu Jakarta Selatan yang ramai diserbu warga berbelanja di tengah masa PSBB. Kasatpol PP Jakarta Selatan, Ujang Harmawan menyebutkan telah menambah petugasnya untuk membubarkan kerumunan.

Selain itu, keadaan yang sama juga ditemui di Pasar Jatinegara yang tampak dipenuhi sesak oleh warga. Meski PSBB masih diberlakukan, warga tetap saja nekat datang ke pasar untuk berbelanja kebutuhan Lebaran.

Demikian pula yang dapat disaksikan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, makin ramai jelang lebaran. Baik pembeli maupun pedagang berjubel, meski di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Juga sempat beredar pesan berupa video yang menayangkan situasi keramaian di pusat perbelanjaan Tanah Abang, Jakarta Pusat, di tengah pandemi Corona. Meskipuan akhirnya menurut informasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menyebutkan bahwa informasi itu hoax.

Bergeser sedikit ke Bogor, dilaporkan juga bahwa pasar di Gunung Sindur dipadati pengujung yang hendak berbelanja kebutuhan lebaran. Di pasar yang terletak di Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor itu, tak tampak pihak keamanan yang berjaga di lokasi untuk menjaga kerumunan dan pelanggaran selama penerapan PSBB.

Bila situasi seperti ini terus berlanjut, ketakutan bahwa usai Lebaran jumlah penderita akan meningkat tajam sangat mungkin terjadi. Sobat GAEKON-ers sebaiknya tetap menuruti imbauan #dirumahsaja dan memanfaatkan belanja online untuk membeli kebutuhan Lebaran maupun sehari-hari.

W For GAEKON