Bupati Banjarnegara Ditahan, Warga Syukuran 7 Hari Hingga Cukur Rambut

0

Bupati Banjarnegara Ditahan, Warga Syukuran 7 Hari Hingga Cukur RambutGaekon.com – Penahanan terhadap Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono dalam kasus dugaan korupsi justru membuat sejumlah warga Banjarnegara gembira. Bahkan, mereka sampai menggelar acara syukuran, memasang spanduk hingga aksi cukur gundul.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Tribun, sejumlah warga yang tergabung dalam Forum Banjarnegara Bersatu (FBB) dan Forum Jasa Konstruksi (Forjasi) menggelar tasyukuran pada Sabtu (4/9).

Ketua FBB, Setiawan Budiarto mengatakan, acara tasyakuran itu akan digelar selama tujuh hari berturut-turut di lokasi yang berbeda-beda secara bergantian.

“Syukuran akan terus dilakukan, sudah banyak masyarakat yang urunan,” katanya.

Tak hanya syukuran, sejumlah warga juga melakukan aksi cukur gundul. Salah seorang anggota FBB, Yanto Togog mengaku, sebelumnya telah bernazar akan mencukur gundul rambutnya apabila kasus korupsi tersebut terbongkar.

“Saya memang sudah bernazar cukur gundul. Dengan cukur gundul ini semoga ke depan pemerintahan di Banjarnegara menjadi bersih,” ujar Yanto.

Masyarakat juga menuangkan rasa syukurnya mengetahui Bupati Banjarnegara jadi tahanan KPK itu melalui spanduk. Ada tiga spanduk di setiap sudut alun-alun.

Diantaranya bertuliskan, “Terima kasih KPK telah menyelamatkan Banjarnegara”, “Kemenangan Satriya-satriya Pinunjul Banjarnegara”, “Selamat jalan bupatiku, semoga tidak kembali lagi ke Banjarnegara”. Di bagian bawah spanduk itu terdapat tulisan FBB dan Forjasi.

Ketua Forjasi, Imam Nafan mengatakan bahwa spanduk tersebut sebagai apresiasi terhadap kinerja KPK yang telah menetapkan Bupati Banjarnegara sebagai tersangka.

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono sebagai tersangka. Budhi diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarengara tahun 2017-2018.

Selain Budhi Sarwono, KPK juga menetapkan satu orang pihak swasta yakni Kedy Afandi sebagai tersangka. KPK telah melakukan penahanan terhadap dua tersangka tersebut untuk 20 hari ke depan.

Terhitung sejak 3 September 2021 sampai 22 September 2021. Bupati Banjarnegara ditahan di Rutan KPK pada Kavling C1, sedangkan Kedy Afandi ditahan di Rutan KPK cabang Pomdam Jaya Guntur.

D For GAEKON