Bupati Sidoarjo Terima Suap Proyek Rp 550 Juta

1
Bupati Sidoarjo Terima Suap Proyek Rp 550 Juta

OTT KPK berhasil menjaring Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Abah Ipul resmi jadi tersangka kasus korupsi. Pria yang duduk di kursi kekuasaan selama 20 tahun itu diduga menerima uang suap sebesar Rp 550 juta.

“Pada tanggal 7 Januari 2020, IGR diduga menyerahkan fee proyek kepada SSI (Saiful Ilah), Bupati Sidoarjo sebesar Rp 350 juta dalam tas ransel melalui N (Novianto), ajudan bupati di rumah dinas bupati,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers di gedung KPK Rabu malam 8 Januari 2020.

Uang panas itu diterima Saiful dari tersangka Ibnu Ghopur (IGR). Diketahui IGR adalah kontraktor proyek di Sidoarjo. Menurut KPK, IGR bertemu Saiful untuk membahas proyek yang diinginkannya.

Namun tidak serta Merta IGR mendapat jatah proyek. Ada masa sanggah yang membuat dia tidak bisa mendapat proyek tersebut.

“IGR meminta kepada SSI untuk tidak menanggapi sanggahan tersebut dan memenangkan pihaknya dalam proyek jalan Candi-Prasung senilai Rp 21,5 miliar,” sambung Alexander.

Rentang Agustus-September 2019, IGR tercatat berhasil memenangkan 4 proyek melalui sejumlah perusahaan. Proyek itu antara lain pembangunan wisma atlet, proyek Pasar Porong, proyek jalan Candi-Prasung dan proyek peningkatan Afv. Karag Pucang Desa Pagerwojo Kecamaan Bundaran. 

Usai menerima termin pembayaran proyek, IGR bersama TSM memberikan sejumlah uang suap kepada beberapa pihak di Pemkab Sidoarjo.

Total uang yang disita KPK dalam kasus tersebut mencapai Rp 1,8 miliar. OTT itu terjadi usai KPK mendapat informasi akan ada transaksi penyerahan uang.

Tim KPK yang bergerak langsung mencokok Ibnu Ghopur, Totok Sumedi, dan Iwan di parkiran pendapa rumah dinas bupati Sidoarjo pada Selasa 7 Januari 2020 pukul 18.18 WIB. KPK menyita uang Rp 259 dari Ibnu.

KPK lantas menangkap Saiful dan ajudannya Budiman di kantor bupati pada pukul 18.24 WIB. Budiman kedapatan membawa uang tunai Rp 350 juta pecahan Rp 100 ribu.

KPK bergerak lagi menyita Rp 225 juta dari rumah Kadin PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo Sunarti Setyaningsih.

K For GAEKON