Heboh Cairan Merah Mirip Darah Muncul Di Area Pantai Banyuwangi

0

Heboh Cairan Merah Mirip Darah Muncul Di Area Pantai BanyuwangiGaekon.com – Pantai Grajagan, Banyuwangi, Jawa Timur mendadak jadi sorotan publik setelah beredar kabar bahwa dalam pasir pantai itu muncul cairan merah menyerupai darah.

Dalam video yang diunggah akun @andreli48 di instagram memperlihatkan jelas warna cairan tersebut adalah merah dan mirip sekali dengan darah.

Sementara itu Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Banyuwangi, Suryono Bintang Samudera mengonfirmasi hal ini. Pihaknya mengatakan fenomena tersebut bisa jadi karena adanya plankton yang mati.

“Bisa jadi fenomena itu karena ada alga atau plankton yang mati. Sehingga terjadi fenomena red tide. Informasinya baru di Pantai Grajagan saja, di tempat lainnya belum ada,” kata Suryono.

Perubahan Warna Laut Menjadi Merah Terjadi Saat Perubahan Musim

Suryono menjelaskan bahwa perubahan warna laut dari biru ke merah itu bisa terjadi saat perubahan musim.

“Kayak gitu itu sering terjadi karena perubahan musim, sehingga plankton mati. Ini terjadi karena upwelling, yakni ada arus vertical dari dasar laut menuju permukaan karena perbedaan suhu,” tambahnya.

Hal ini dinilai sangat berbahaya bagi ekosistem biota laut. Pasalnya, fenomena tersebut biasanya mengeluarkan zat amonia yang mengakibatkan ikan-ikan di area tersebut mati.

D For GAEKON