Calon Kapolri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo Akan Jalani Uji Kelayakan Hari Ini

0

Calon Kapolri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo Akan Jalani Uji Kelayakan Hari IniGaekon.com – Calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan jalani uji Kelayakan hari ini (20/1).

Dalam hal ini, Komisi III DPR RI akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri. Agenda tersebut akan dimulai hari ini pukul 10.00 WIB.

Seperti diketahui, Listyo juga telah membuat makalah untuk dibahas dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR pada hari ini. Makalah tersebut berjudul “Transformasi Menuju Polri yang Presisi”, kata ‘presisi’ yang digunakan tersebut merupakan akronim dari prediktif, responsibilitas, transparasi berkeadilan.

Makalah tersebut telah diantarkan oleh rekan seangkatan Listyo yang kini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh Inspektur Jenderal Wahyu Widada ke Komisi III DPR pada Selasa (19/1).

Tidak ada satu pun fraksi yang mempersoalkan langkah Jokowi mengusulkan nama Listyo sebagai calon Kapolri, baik itu koalisi pendukung pemerintah ataupun di luar pemerintahan. Bahkan, kalangan dari luar Senayan juga menyambut dengan respons yang positif.

Serangkaian acara telah digelar, mulai dari rapat dengan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengetahui laporan transaksi keuangan Listyo pada Kamis (14/1) hingga rapat dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk mengetahui proses pengusulan nama Listyo sebagai calon Kapolri ke Jokowi pada Senin (18/1).

Listyo Sigit Prabowo merupakan calon Kapolri tunggal yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Posisinya itu untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang bakal memasuki masa purna tugas pada akhir Januari 2021.

D For GAEKON