Cara Perpanjang SIM di Layanan SIM Keliling Gresik

0
Cara Perpanjang SIM di Layanan SIM Keliling Gresik

Gaekon.com – Bagi sobat Gaekon yang ingin memperpanjang masa berlaku surat Ijin mengemudi (SIM) karena telah habis, Kon bisa memanfaatkan layanan mobil SIM keliling. Bagi warga kabupaten Gresik, SIM keliling bertempat di depan kantor Bawaslu, kawasan Ruko Metro Park GKB Gresik (dekat Bundaran I love GKB).

Plusnya bila menggunakan layanan ini adalah Kon gak perlu berlama-lama antre. Bila di kantor Satlantas, antrean sangat padat. Bahkan sejak subuh sudah ada banyak pemohon SIM yang mengantre di luar. Terlebih, per harinya, ada jatah kuota pemohon. Ojok teko kawanen, gak oleh jatah engkok Kon.

Minusnya, di SIM Keliling anda harus datang pada hari H habis masa berlaku. Bila tanggal tersebut masih jauh, pemohon diminta undur diri. Lalu, petugas akan menyuruh pemohon untuk mengurus sim di Kantor Satlantas.

Tapi ada enaknya juga dengan sistem itu. Dengan begitu antrean pemohon di SIM keliling terasa lengang. Tak begitu padat dan berjubel bila mengurus di Satpas. Rabu, 17 Juni 2020 lalu saya mencoba layanan tersebut. Tampak pemohon yang hadir kalau saya perkirakan tak lebih dari 50 orang.

Waktu pengurusan pun terbilang cukup cepat. Di hari yang sama seorang rekan saya juga mengurus SIM di Satpas Colombo Surabaya. Dia datang sejak habis Subuh lalu selesai pukul 1 siang. Sementara saya datang di SIM keliling GKB Gresik pada pukul 7.30 WIB. Mobil baru datang pukul 8.00 WIB dan saya selesai mengurus sekitar pukul 10.00 WIB. Itupun sempat ada delay sebentar karena sistem online komputeri sedang trouble. Nek gak ngunu Yo tambah cepet, Rek.

Berikut ini coba takrangkumno pengalamanku ngurus perpanjangan SIM. Sebelum berangkat pastikan dulu kapan habis berlaku SIM dan pastikan di hari tersebut layanan mobil SIM keliling beroperasi.

Jam Pelayanan SIM Keliling

Senin – Kamis : 08.00 – 13.00 WIB
Jumat – Sabtu : 08.00 – 11.00 WIB
Minggu dan tanggal merah : libur

Fasilitas SIM keliling

Tes psikologi di tempat
Tes kesehatan (iki gak onok rek pas aku mrunu)

Persyaratan

Fotocopy KTP dan SIM : masing-masing 3 lembar
SIM asli
Surat keterangan sehat
Bolpen (Ben gak nyilah-nyilih ae)

Biaya

Perpanjangan SIM C : Rp 75.000
Perpanjangan SIM A : Rp 80.000
Tes psikologi : Rp 50.000

Alur pendaftaran:

1. Kunjungi SIM Keliling di Metro Park GKB Gresik, depan Kantor Bawaslu

2. Berikan SIM Asli di petugas pendaftaran

3. Nama pemohon dipanggil, selanjutnya pemohon diberi formulir dan lembar isian tes psikologi

4. Pemohon mengisi formulir dan mengerjakan tes. Bila selesai serahkan kembali ke petugas

5. Nama pemohon lalu dipanggil kembali untuk proses foto diri dan pendataan sidik jari

6. SIM selesai dan lakukan pembayaran

Yaopo rek, gampang seru to! Ya wes semoga bermanfaat secuil info iki. Ingat, ojok sampek telat ngurus SIM. Kalau masa berlaku SIM kelewat tanggal, iso-iso Kon diwajibno gawe SIM anyar. Soro iku, caloe larang. Kate liwat jalur jujur opo maneh, tese ruwet gak lulus-lulus.

K For GAEKON