Hati-Hati, Challenge ‘Add Yours’ Di Instagram Ternyata Jadi Modus Penipuan

0

Hati-Hati, Challenge ‘Add Yours’ Di Instagram Ternyata Jadi Modus PenipuanGaekon.com – Belakangan ini pengguna Instagram tengah menikmati fitur terbaru Add Yours. Hampir setiap hari mereka mengupload stories menggunakan fitur tersebut.

Namun ternyata, fitur tersebut diduga menjadi modus terbaru untuk melakukan penipuan. Hal ini terungkap dari curhatan seorang pegiat media sosial, Dita Moechtar (@ditamoechtar).

Dita mengungkapkan bahwa temannya telah menjadi korban penipuan setelah melakukan challenge Instagram dengan fitur Add Yours.

Salah satu topik challenge saat ini yang cukup populer dengan fitur Add Yours adalah “Variasi Panggilan Nama Kamu“.

Namun siapa sangka tantangan untuk mengungkap berbagai nama panggilan pribadi itu justru dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Teman Dita bercerita telah menjadi korban penipuan yang meminta transfer uang. Dita mengungkap dirinya baru saja ditelepon temannya dalam keadaan menangis.

Pagi tadi teman saya telepon, nangis-nangis habis ditipu katanya. Biasalah, penipu yang telepon minta transfer gitu,” cerita Dita.

Ternyata, sang teman langsung percaya dan mentransfer sejumlah uang karena penipu memanggilnya dengan nama Pim. Padahal, panggilan nama Pim hanya diketahui oleh orang terdekatnya saja. Karena itu, saat penipu memanggil dengan nama Pim, sang korban langsung percaya. Ia juga tidak ragu untuk mengirimkan sejumlah uang.

Panggilan Pim itu digunakan penipu setelah melihat Instagram Stories korban. Dita menjelaskan, temannya baru saja mengikuti challenge Instagram Add Yours “Variasi Panggilan Nama Kamu”.

Dita berpesan kepada pengguna media sosial untuk selalu waspada. Kasus penipuan dengan memanfaatkan fitur Add Your sendiri telah mendapatkan atensi publik. Hingga berita ini dipublikasikan, cuitan itu sedikitnya telah di-retweet 17 ribu kali dan mendapatkan 23 ribu tanda suka.

Sebagai informasi, fitur Add Yours merupakan stiker balasan untuk berinteraksi dengan teman lainnya. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk memilih topik yang disediakan Instagram atau buat sendiri topik untuk bahan berbagi.

Tak hanya itu, pengguna instagram juga bisa mengikuti challenge mengenai suatu topik yang dibagikan teman lainnya.

D For GAEKON