Cinta Indonesia, 2 WNA Di Bali Ini Sah Jadi WNI

0

Cinta Indonesia, 2 WNA Di Bali Ini Sah Jadi WNIGaekon.com – Dua Warga Negara Asing (WNA) dari Jerman dan Amerika kini sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengikuti pengambilan sumpah di Aula Dharmawangsa Kemenkumham Bali, pada Senin (22/3).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, WNA asal Jerman, Indra Jonas Rapp dan WNA asal Amerika, Michael Romeo Lorenti Jr sah menjadi WNI setelah mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah perwaganegaraan.

Pengambilan sumpah tersebut dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, Jamaruli Manihuruk, di Aula Dharmawangsa Kemenkumham Bali.

“Kita harapkan dengan masuknya dua warga asing ini menjadi warga negara Indonesia ini menjadi kesempatan buat mereka untuk berbakti kepada negara Indonesia,” kata Jamaruli.

Indra Jonas Rapp sebelumnya merupakan warga Negara Jerman yang lahir di Denpasar pada tanggal 25 November 1989. Ayahnya asli orang Indonesia, sehingga Jonas sudah punya akar menjadi orang Indonesia. Saat ini Jonas mempunyai Bungalow di daerah Penebel, Kabupaten Tabanan.

Sementara Michael Romeo Lorenti Jr. sebelumnya merupakan warga Negara Amerika yang lahir di New York, 24 Mei 1972. Michael sudah 23 tahun menetap di Bali dan mempunyai usaha pabrik produk perawatan kulit.

Michael bahkan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) warga negara Indonesia yang bekerja di perusahaannya sebanyak 185 orang.

“Ini hal yang sangat positif tentunya. Ditambah juga nantinya pekerjaan-pekerjaan yang lain yang juga nantinya bisa menyerap SDM yang lebih banyak. Pengabdian ini, menjadi hal penting. Kita harapkan Michael ini bisa berperan bagi perkembangan pendidikan, maupun sosial budaya di negara ini,” ungkapnya.

Jamaruli mengatakan bahwa kedua warga asing yang telah sah jadi WNI harus mengabdikan diri ke negara dan mengetahui tatakrama, struktursosial di Indonesia.

“Itu yang harus mereka lakukan sesuai dengan profesi masing-masing. Kita, mengetahui bahwa mereka datang kesini tentunya bisa memberikan sesuatu yang baik,” katanya.

Jamaruli berharap dengan pengambilan sumpah ini pastinya menjadi hal positif bagi warga Indonesia.

“Tapi kita harapkan juga dengan sumpah tadi itu dengan pastinya menjadi warga Indonesia ini juga menjadi hal yg positif, pengembangan, pendidik, sumberdaya manusia dan juga sosial budaya yang ada di Indonesia ini, khususnya Bali,” ujar Jamaruli.

Dalam proses pelantikan itu, kegiatan diawali dengan pembacaan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor1/PWI Tahun 2021 tentang Pengabulan Permohonan Kewarganegaraan Republik Indonesia yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 12 Februari 2021 oleh Presiden Joko Widodo.

Kemudian, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh Kepala Kantor Kemenkumham Bali kepada kedua WNA itu yang didampingi oleh para rohaniawan.

Setelah itu dilakukan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah kewarganegaraan kepada dua WNA itu dan disaksikan oleh dua orang saksi dari masing-masing perwakilan Kepala Desa atau Kelurahan dan divisi Imigrasi.

D For GAEKON