Covid-19 Makin Membaik, Siap-Siap Tarif Listrik Tahun Ini Naik

0

Covid-19 Makin Membaik, Siap-Siap Tarif Listrik Tahun Ini NaikGaekon.com – Di Tahun 2022 tarif listrik rencananya akan naik. Rencana ini akan direalisasikan seiring dengan membaiknya kondisi kasus Covid-19.

Melansir dari Kumparan, Pemerintah dan Badan Anggaran DPR akan menerapkan kembali penyesuaian tarif listrik atau tarif adjustment bagi 13 golongan pelanggan listrik PT PLN (Persero) non-subsidi.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana menerangkan bahwa rencana kenaikan tarif ini akan direalisasikan dengan melihat kian membaiknya kondisi Covid-19.

“Tarif listrik bagi golongan pelanggan non-subsidi ini bisa berfluktuasi alias naik atau turun setiap tiga bulan disesuaikan dengan setidaknya tiga faktor, yakni nilai tukar mata uang, harga minyak mentah dunia, dan inflasi,” kata Rida.

Pemerintah sudah menahan skema penyesuaian tarif listrik terhitung sejak 2017. Pasalnya, daya beli masyarakat masih sangat rendah. Kebijakan tersebut akhirnya berdampak pada besarnya kompensasi yang harus dibayarkan pemerintah pada PLN.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memastikan, pihaknya siap menjalankan apa pun keputusan atau kebijakan yang diambil mengenai tarif listrik.

D For GAEKON