Cukup Percaya Diri, Emak-Emak Ini Masuk Tol Naik Motor

0

Cukup Percaya Diri, Emak-Emak Ini Masuk Tol Naik MotorGaekon.com – Jalan tol pada umumnya, memang diperuntukkan bagi kendaraan besar, seperti mobil, truk, bus, dan sejenisnya.

Namun seorang emak-emak ini dengan sangat percaya diri, masuk ke dalam tol mengendarai sepeda motornya. Dalam video yang diunggah akun @camerapenjurunews di instagram memperlihatkan seorang perempuan tengah mengendarai sepeda motor.

Ia terlihat sedang berada di gerbang tol, dan melakukan transaksi pembayaran. Sang perekam tepat berada di belakangnya dengan mengendarai sebuah mobil. Hal itu terungkap setelah akun twitter Poisons mempostingnya pada Selasa (20/4).

“Emaknya siapa nih? Amit2 bukan mamak ku… tol Priok” Dalam Cuitnya.

Setelah pembayaran selesai, perempuan ini langsung tancap gas dan melaju sangat kencang, padahal di sekelilingnya kendaraan besar semua. Belum diketahui secara pasti kapan tepatnya kejadian tersebut terjadi.

Ada beberapa alasan yang membuat pemerintah tidak memperbolehkan kendaraan roda dua ataupun sepeda motor masuk ke dalam tol.

Selain fungsi jalan tol sebagai jalur bebas hambatan, faktor keselamatan menjadi salah satu alasannya. Area yang luas serta banyaknya kendaraan besar, membuat tekanan angin menjadi lebih besar dibandingkan jalan raya non-tol sehingga berbahaya bagi pengendara motor.

Aturan sepeda motor tidak diperbolehkan masuk jalan tol juga tercantum pada Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 Pasal 38 ayat 1. Tertulis di situ, bahwa jalan tol diperuntukkan bagi pengendara yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Meski demikian, ada juga beberapa jalan tol yang membolehkan bahkan memiliki lajur khusus sepeda motor. Salah satunya dikelola oleh Jasa Marga, yakni Jalan Tol Bali Mandara. Aturan ini juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2009 Pasal 38 1a.

D For GAEKON