DALGONA COFFEE, ES KOPI SUSU CREAMY MASA KINI

0

Kopi di jaman sekarang sudah menjadi minuman wajib yang harus dikonsumsi setiap hari. Bukan hanya orang tua saja. Iya memang jaman dahulu kopi hitam selalu menjadi teman setia setiap orang tua.

Hal itu sangat berbeda dengan sekarang. Karena para penikmat kopi sudah bukan orang tua saja. Anak remaja sekarang sudah menjadi pecinta kopi juga. Ada sebagian remaja yang tidak akan membiarkan waktunya terbuang begitu saja tanpa ditemani secangkir kopi.

Disaat pikiran penuh akan pekerjaan, badan letih karena aktivitas sehari – hari rasanya akan hilang semua jika sudah menyeruput secangkir kopi.

Semua cafe di setiap sudut kota selalu ramai didatangi orang hanya karena ingin menikmati seduhan kopi hangat. Aromanya yang menggugah selera terbawa angin dan tercium kemana – mana. Sensasi aroma yang selalu menenangkan, menjadi ciri khas tersendiri kenapa kopi masih menjadi minuman favorit.

Di jaman sekarang kopi sudah tidak melulu disajikan dalam bentuk hangat, es batu sudah menjadi pilihan untuk campurannya. Kopi yang disajikan dalam bentuk dingin justru lebih banyak diminati. Karena rasanya yang dingin bisa melegakan dan menyegarkan tenggorokan.

Karena banyaknya pecinta kopi di Indonesia, maka ketika ada sesuatu hal yang viral mengenai kopi mereka akan berbondong – bondong untuk membeli dan mencobanya. Seperti contohnya, baru – baru ini banyak sekali bermunculan di aplikasi Tik Tok mengenai resep praktis es kopi susu.

Es kopi susu yang dikenal dengan ‘Dalgona Coffee’ sekarang banyak mencuri perhatian publik. Rasa penasaran mereka muncul tiba – tiba, bagaimana rasanya, apa saja bahannya selalu menghantui mereka. Hal inilah yang membuat mereka terus mencari tahu dan ingin membuatnya sendiri, agar rasa penasarannya terjawab.

Dalgona Coffee ini adalah minuman yang sedang populer di Korea Selatan. Berupa latte manis dengan tekstur yang lebih creamy. Tekstur creamy yang didapatkan ini karena ditambahkan coffee foam atau busa kopi di atasnya.

Dinamakan ‘dalgona’, karena terlihat menyerupai adonan Dalgona Toffee atau permen tradisional khas Korea Selatan.

Tren ini muncul pertama kali di Korea. Semenjak wabah pandemi corona meluas di Negara Ginseng tersebut, anak muda di sana memanfaatkan sosial media sebagai platform mencari hal-hal baru untuk mengisi waktu. Termasuk dengan membuat kopi sendiri di rumah.

Kopi ini menjadi sangat menarik karena tampilannya menggugah selera. Tumpukan foam cokelat menjadi salah satu daya tarik, sehingga orang banyak yang ingin mencobanya. Meskipun terlihat seperti tumpukan 2 macam warna, ternyata untuk proses membuatnya sendiri cukup mudah. Hanya memang membutuhkan waktu lebih lama dari pada membuat latte biasanya.

Untuk bahan – bahannya sendiri, Dalgona Coffee ini menggunakan kopi hitam instan, gula pasir, dan air hangat. Masing – masing bahan takarannya hanya dua sendok makan saja. Selain itu bahan yang harus disiapkan adalah susu putih cair dan es batu.

Proses pembuatan Dalgona Coffee ini membutuhkan alat bantu kocokan atau mixer. Alat bantu ini digunakan agar foam dapat mengembang. Namun bagi yang tidak punya alat bantu kocokan ini bisa menggantinya dengan botol minuman. Banyak yang sudah mencoba mengocok menggunakan botol. Dengan cara ini memang cukup berhasil, meskipun foam yang dihasilkan tidak begitu mengembang seperti ketika mengocok dengan mixer.

Kopi hitam instan yang digunakan sebaikanya tanpa ampas. Karena apabila menggunakan jenis kopi yang disedu masih menyisakan ampas akan gagal. Sehingga foam tidak mengembang.

Selanjutnya, bisa mencampurkan kopi hitam, gula pasir, dan air hangat yang masing – masing takarannya 2 sendok makan. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk dengan permukaan agak tinggi, agar ketika mengaduk bahan – bahan tidak keluar kemana – mana. Kocok menggunakan mixer atau botol minuman selama kurang lebih 5-7 menit sampai menjadi foam.

Setelah mencampurkan bahan – bahan tersebut, kemudian siapkan gelas, isi dengan beberapa bongkahan es batu sesuai selera. Tuangkan susu cair hingga 3/4 gelas. Alangkah baiknya menggunakan gelas ukuran medium agar komposisi susunya tidak berlebihan.

Kemudian, gunakan sendok dan letakkan dalgona foam di atas susu. Isi hingga memenuhi sisa permukaan gelas. Dalgona coffee siap untuk dinikmati. Sangat mudah bukan ?

Berdasarkan komentar beberapa orang yang sudah mencobanya, Dalgona coffee ini rasanya benar-benar nikmat, segar, dan creamy. Wajar saja, sejak kemunculannya varian kopi rumahan ini langsung menyita minat warganet di media sosial.

Dalgona foam membuat cita rasa kopi ini menjadi tidak biasa dan lebih creamy. Ketika sedang menikmati Dalgona Coffee ini seperti sedang menikmati es krim kopi.

Kunci kenikmatan Dalgona coffee sebenarnya terletak pada coffee foam. Jika coffee foam tersebut diracik dengan cara yang benar maka rasa kopi akan nikmat. Apalagi jika ditambah dengan es batu yang dingin, membuat es kopi susu ini menjadi pilihan minuman segar baru selama di rumah.

Viralnya Dalgona Coffee ini membuat para pengguna TikTok akhirnya berbondong – bondong membuat video resep Dalgona coffee yang praktis. Seperti yang dicontohkan akun TikTok @thatssopar. Videonya sudah disukai lebih dari 23.100 pengguna dan dibagikan lebih dari 3.000 kali.

Platform media sosial lainnya juga sedang ramai membicarakan Dalgona Coffee ini. Seperti di instagram hastag #dalgonacoffee kini sangat ramai, yang menggunakannya sudah hampir 21.000.

Bahkan, Dalgona coffee juga menyita perhatian seorang beauty influencer Tasya Farasya. Perempuan yang tengah hamil itu juga membuat dalgona coffee di rumahnya. “Mencoba mengisi waktu #dirumahaja,” tulisnya dalam caption IGTV berisi tutorial membuat dalgona coffee ala Tasya Farasya itu.

Tasya sempat membuat dalgona coffee dalam dua versi, panas dan dingin. Dalgona coffee ini juga bisa disajikan hangat. Caranya hanya perlu memanaskan sebentar susu cair sebelum dituang dalam gelas. Selanjutnya letakkan dalgona foam di atasnya seperti biasa.

SUDAH SIAP UNTUK MENCOBANYA ?

KL For GAEKON