Kelamaan Daring, Siswa Kelas 4 SD Di Cianjur Lupa Cara Membaca

0

Kelamaan Daring, Siswa Kelas 4 SD Di Cianjur Lupa Cara MembacaGaekon.com – Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membuat pemerintah membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah, termasuk belajar mengajar. Alhasil sudah setahun lebih mereka melakukan proses belajar mengajar secara daring dari rumah.

Hal ini rupanya banyak membawa dampak negatif, salah satunya yaitu anak menjadi lupa dengan cara membaca. Seperti yang dialami murid kelas 4 di sebuah sekolah dasar negeri di Cianjur.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Angkat Bicara

Melansir dari Tribun, menurut keterangan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Himam Haris anak tersebut rupanya kurang mendapat perhatian dari orang tua saat belajar di rumah. Pasalnya sang ibu sibuk bekerja dan ayahnya sudah meninggal dunia.

“Jadi ada murid kelas 4 sekolah dasar yang lupa cara membaca karena kelamaan di rumah. Setelah kami telusuri ternyata ibunya bekerja dan ayahnya sudah meninggal, jadi tak ada yang memperhatikannya saat belajar di rumah,” ujar Himam.

Atas kasus ini, Himam langsung memerintahkan semua guru untuk mengecek kondisi pelajar di semua sekolah dasar di Cianjur. Pihaknya khawatir jika ada kasus serupa lagi.

“Khawatirnya ini ada lagi kasus serupa, tapi saya menerima laporan bahwa di sekolah tersebut gurunya sudah berembuk untuk mencari solusi yang baik bagi pelajar tersebut,” kata Himam.

Sementara itu Pengamat Kebijakan Publik dan Pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia, Cecep Darmawan menilai ada yang aneh dengan kasus tersebut. Pasalnya, kelas 3 dan 4 pasti intens melakukan pembelajaran jarak jauh.

“Agak aneh juga ya kalau kelas 4 enggak bisa baca. Karena kan kalau kelas 3 dan 4 belajar online, masa lupa lagi membaca. Jadi selama Pembelajaran Jarak Jauh apa yang dikerjakan,” kata Cecep.

Membaca menjadi kebutuhan sehari-hari dalam proses pembelajaran jarak jauh. Menurutnya, jika benar ada murid yang lupa cara membaca, maka efektivitas belajar PJJ bisa dinyatakan tidak berhasil.

Pihak sekolah juga harus mengevaluasi Pembelajaran Jarak Jauh dan menyelesaikan berbagai kekurangannya supaya dapat lebih berhasil.

D For GAEKON