Debat Terakhir Pilwakot Solo KPU Batasi Lokasi Hanya 50 Orang

0

Debat Terakhir Pilwakot Solo KPU Batasi Lokasi Hanya 50 OrangGaekon.com – Rencananya, malam ini Kamis (3/12/2020), KPU menggelar debat terakhir Pilwalkot Solo. Dalam debat tersebut tema yang diusung yakni, “Memajukan Solo sebagai Kota Budaya yang Inovatif dalam Keberagaman melalui Kolaborasi dan Penguatan Civil Society,”. Debat tersebut nantinya dimulai pukul 19.30 WIB hingga 21.30 WIB.

Sementara itu, menurut penuturan dari Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, mengatakan dalam debat kedua paslon Pilwalkot Solo dapat dilihat juga secara live di media sosial (medsos) resmi KPU Solo. Namun, pihaknya membatasi penonton debat Pilwalkot Solo di lokasi hanya 50 orang saja.

Kemudian, Nurul juga mengatakan debat berlangsung dalam delapan segmen. Materi setiap segmen berbeda serta ada pertanyaan yang harus dijawab baik Gibran-Teguh dan Bagyo-Supardjo secara bergantian.

“Gladi bersih sudah kita lakukan Kamis siang dengan menghadirkan perwakilan kedua tim pemenangan paslon. Persiapan debat sudah mencapai 100 persen,” ujar Nurul, Kamis (3/12/2020) dikutip dari Kumparan.com.

Ia juga mengatakan, pada saat debat terakhir yang digelar di studio salah satu stasiun televisi lokal Solo ini, tetap memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan yang sangat ketat. Bahkan, para pendukung kedua paslon tidak diundang dalam acara debat.

“Pada kesempatan debat ini juga ada sesi tanya jawab antar kedua paslon. Pertanyaan dari masyarakat juga dimunculkan dalam cuplikan video,” kata dia.

Selain itu, selama debat berlangsung, kedua paslon Gibran-Teguh dan Bagyo-Supardjo wajib memakai masker. Memakai masker merupakan bagian dari komitmen para pasangan calon dalam penerapan protokol kesehatan.

“Semua peserta yang kami undang juga harus memakai masker. Tiba di lokasi acara dilakukan pengecekan suhu badan dan mencuci tangan,” tutur dia.

Sedangkan menurut dari keterangan Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjutak, pihaknya telah menyiapkan 250 personel untuk mengamankan acara dan lokasi debat Pilwalkot Solo. Jumlah personel tersebut belum termasuk backup dari TNI.

Dirinya juga menjelaskan pengamanan dibagi menjadi tiga ring. Pada ring pertama ada di pintu masuk acara debat. Kemudian, ring kedua di lokasi luar acara dan ring ketiga ada di luar lokasi debat.

“Sterilisasi lokasi debat akan dilakukan sebelum acara debat dimulai. Polresta Surakarta juga melarang pendukung kedua paslon datang ke lokasi debat karena dapat menimbulkan kerumunan. Jika nekat kami bubarkan,” tandasnya.

Z For GAEKON