Demi Mempercepat Hasil Pemeriksaan Spesimen COVID-19 Pemprov Jatim Siapkan Laboratorium Mobile

0

Demi Mempercepat Hasil Pemeriksaan Spesimen COVID-19 Pemprov Jatim Siapkan Laboratorium MobileGaekon.com – Penambahan laboratorium pengujian spesimen untuk mendukung percepatan deteksi COVID-19 tengah diupayakan oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Hal ini dilakukan agar dapat segera direalisasikan, beberapa hal teknis untuk mendukung sarana dan prasarana pembangunan laboratorium saat ini tengah disiapkan oleh pihaknya.

“Jadi gini kalau soal laboratorium, kita tidak sekedar laboratoriumnya tapi juga menyiapkan SDMnya,” kata Khofifah saat ditemui di Pendopo Arya Wiraraja, Lumajang, Minggu (27/9/2020).

Saat ini, Gubernur Khofifah menyebut di Jatim ada 53 Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2). Pihaknya saat ini juga tengah merampungkan pembuatan Mobile Laboratorium BSL (Bio Safety Level) 3, agar dapat melakukan tes secara masif.

“Sekarang kita sudah menyiapkan BSL 3 yang sudah hampir final. BSL 3 adanya memang ada di Jakarta, lah kita ingin menyiapkan di RSUD Dr Soetomo,” ujarnya.

Untuk mendukung gagasan ini, Gubernur menambahkan pihaknya saat ini juga membutuhkan dukungan SDM pemeriksaan spesimen Covid-19 yang berkompeten. Sehingga hasil tes usap (swab) di seluruh wilayah di Jatim bisa diketahui secara cepat.

“Tapi bahwa memang setiap alkes (alat kesehatan) harus dikomandani oleh tim yang memiliki spesifikasi mengoperasionalkan jadi tidak sekedar jumlahnya. Inilah yang sedang kami koordinasikan,” pungkasnya.

Z For GAEKON