Aksi Demo Pengungsi Afghanistan Di Kantor UNHCR Jakarta, Massa Tuntut Kejelasan Nasibnya

0

Aksi Demo Pengungsi Afghanistan Di Kantor UNHCR Jakarta, Massa Tuntut Kejelasan NasibnyaGaekon.com – Petugas kepolisian membubarkan paksa aksi demo sejumlah pengungsi asal Afghanistan. Mereka nekat protes dengan mendatangi kantor UNHCR di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Selasa (24/8) pagi.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Massa yang menumpuk di jalan itu membuat pihak polisi terpaksa menutup sementara Jalan Kebon Sirih. Hal ini diungkapkan oleh Kasatlantas Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumarno.

“Iya ditutup sementara kan ada yang demo,” kata Lilik Sumarno.

Arus lalu lintas di sekitar lokasi sempat mengalami kemacetan. Aparat kepolisian yang berjaga di lokasi meminta massa membubarkan diri karena demo menimbulkan kerumunan yang rawan penularan virus corona.

Namun, massa tak mau meninggalkan lokasi dan tetap berada di sana untuk menyampaikan tuntutannya. Hal ini akhirnya menimbulkan aksi saling dorong antara aparat dengan demonstran.

Massa demo sejak pukul 09.00 WIB. Mereka membawa sejumlah poster. Di antaranya bertulisan ‘We are mentally exhausted by long processing times’.

WN Afghanistan juga membentangkan sebuah spanduk besar dengan tulisan ‘UNHCR Indonesia mohon untuk tidak menyalahi prosedur kerja, konvensi 1951 dan protokol 1967. Hentikan kebijakan yang tidak manusiawi terhadap pencari suaka di Indonesia. Kami butuh perpindahan sebabkan kami hidup sengsara’.

Massa yang menuntut tersebut merupakan para pencari suaka dari Afghanistan. Mereka menuntut terkait kejelasan nasib mereka di Indonesia untuk bisa dipindahkan ke permukiman permanen di negara ketiga sebagai pengungsi.

D For GAEKON