Dianggap Curang, Aung San Suu Kyi ‘Ditahan’ Oleh Militer

0

Dianggap Curang, Aung San Suu Kyi ‘Ditahan’ Oleh MiliterGaekon.com – Pemimpin Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Aung San Suu Kyi ditangkap oleh militer. Suu Kyi telah dibawa militer pada Senin (1/2) dini hari.

Seperti yang dilansir GAEKON dari BBC, Juru bicara NLD, Myo Nyunt mengatakan kepada kantor berita Reuters via sambungan telepon bahwa Suu Kyi, Presiden Win Myint dan para pemimpin lainnya telah “dibawa” pada Senin (1/2) dini hari.

“Saya ingin memberitahu orang-orang kami untuk tidak menanggapi dengan gegabah dan saya ingin mereka bertindak sesuai dengan hukum,” terangnya.

Koresponden BBC Asia Tenggara, Jonathan Head, mengatakan bahwa ada banyak tentara di jalan-jalan ibu kota, Naypyitaw, dan kota utama, Yangon. Militer tersebut mendatangi rumah sejumlah menteri utama di beberapa daerah dan kemudian membawa mereka pergi.

Apa yang terjadi di Myanmar seperti kudeta skala penuh, meskipun minggu lalu militer berjanji untuk mematuhi konstitusi yang dirancangnya lebih dari satu dekade lalu.

Konstitusi itu memang memberi wewenang untuk mengumumkan keadaan darurat, tetapi menahan para pemimpin politik seperti Suu Kyi adalah langkah yang provokatif dan sangat berisiko.

Dalam pemilu pada 8 November 2020, NLD memenangkan cukup kursi di parlemen untuk membentuk pemerintahan, namun militer menganggap pemungutan suara itu curang. NLD berhasil memenangkan 83% kursi parlemen.

Namun militer menolak hasil pemilu tersebut, dan mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung terhadap presiden dan ketua komisi pemilihan.

Aung San Suu Kyi adalah putri pahlawan kemerdekaan Myanmar, Jenderal Aung San. Ayahnya tewas dibunuh ketika Suu kyi berusia dua tahun, tepat sebelum Myanmar memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948.

Suu Kyi pernah dianggap sebagai simbol hak asasi manusia – seorang aktivis berprinsip yang menyerahkan kebebasannya untuk menantang jenderal militer yang kejam yang memerintah Myanmar selama beberapa dekade.

D For GAEKON