Dibalik Insiden Perahu Terbalik Di Waduk Kedung Ombo, Nahkodanya Masih Berusia 13 Tahun

0

Dibalik Insiden Perahu Terbalik Di Waduk Kedung Ombo, Nahkodanya Masih Berusia 13 TahunGaekon.com – Sebuah perahu di Waduk Kedung Ombo, Kemusu, Boyolali yang mengangkut 20 wisatawan terbalik pada Sabtu (15/5). Akibat insiden ini sebanyak 7 orang dilaporkan tewas, dan dua lainnya masih dalam pencarian.

Nahkoda perahu yang berinisial GH kini menjadi saksi kunci insiden tersebut. GH ternyata masih berusia remaja alias ABG. Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond menerangkan bahwa GH ternyata masih berusia 13 tahun.

“Nahkoda perahu atas nama inisial GH berusia 13 tahun,” kata Morry.

Koordinator Basarnas Pos SAR Surakarta, Arif Sugiarto mengatakan bahwa Tim SAR mengajak GH untuk mempermudah proses pencarian, pasalnya ia merupakan saksi kunci.

GH juga akan dimintai keterangan ihwal penumpang yang tidak memakai jaket pelampung (life vest). Saat meninjau proses evakuasi, GH menjalani pemeriksaan.

Kejadian ini bermula dari GH hendak mengantar 20 penumpangnya menuju warung makan apung yang berjarak 50 meter dari daratan.

Saat perahu sudah mendekati warung makan apung. Tiba-tiba ada seorang penumpang yang berjalan ke geladak depan untuk berselfie, sehingga perahu oleng ke kanan dan terbalik.

Arif Sugiarto mengatakan, penyebab terbaliknya perahu diduga karena mengangkut penumpang yang melebihi kapasitas. Pasalnya perahu tersebut harusnya hanya bisa membawa 14 orang, namun saat itu di isi hingga 20 orang.

D For GAEKON