Diduga Ada Tindakan Melawan Hukum, AHY Gugat KLB Moeldoko Di PN Jakpus

0

Diduga Ada Tindakan Melawan Hukum, AHY Gugat KLB Moeldoko Di PN JakpusGaekon.com – Terpilihnya Moeldoko sebagai Ketua Demokrat dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Sibolangit sepertinya harus berakhir di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Pada Jumat (12/3), Dewan Pimpinan Partai (DPP) Partai Demokrat akan mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum di PN Jakarta Pusat.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Pengajuan gugatan ini dikonfirmasi oleh Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

“Iya jam 9, kumpulnya di DPP kami,” kata Herzaky.

Sebelumnya, Partai Demokrat dilanda konflik internal berupa dualisme kepemimpinan. Beberapa mantan kader partai tersebut menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di The Hill Hotel dan resort Sibolangit, Deli, Serdang, Sumatera Utara pada Jumat (5/3).

Dari kongres tersebut, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal purnawirawan Moeldoko ditetapkan sebagai Ketua Umum partai Demokrat.

Sementara itu Dewan Pimpinan pusat (DPP) Partai Demokrat menyatakan bahwa KLB tersebut ilegal dan inkonstitusional.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto menduga adanya tindakan melawan hukum dalam pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) Sibolangit. Didik menduga terjadi pelanggaran hukum dan perbuatan melawan hukum dalam KLB tersebut.

Didik mengatakan bahwa pelanggaran itu dilakukan oleh penggagas, panitia, dan peserta yang mengikuti pertemuan yang kemudian diklaim sebagai KLB.

“Khususnya mereka yang nyata-nyata tidak memiliki kewenangan yang sesuai AD dan ART, baik dalam perspektif perdata maupun pidana,” tulis Didik.

Menurut Didik, jika pelanggaran hukum jelas dilakukan, siapapun pemilik suara yang sah dalam kongres Partai Demokrat dapat melaporkan, mengajukan gugatan, atau menempuh upaya hukum dalam bentuk apapun.

D For GAEKON