Ketentuan Karantina Dihapus, WNI Kini Bisa Masuk Arab Saudi Tanpa Karantina

0

Ketentuan Karantina Dihapus, WNI Kini Bisa Masuk Arab Saudi Tanpa KarantinaGaekon.com – Pemerintah Arab Saudi telah menghapus ketentuan karantina 14 hari di negara ketiga bagi calon jamaah umrah. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut mengatakan bahwa ketentuan karantina 14 hari itu dihapus dengan syarat telah divaksin lengkap ditambah satu dosis penguat.

Menanggapi hal ini, Yaqut akan terbang ke Arab Saudi untuk melobi agar Indonesia bisa dilepaskan dari kewajiban mendapatkan satu dosis vaksin tambahan.

“Kami akan lobi, namanya juga ikhtiar, hasil tentu bukan tanggung jawab kita. Ikhtiar harus terus kita upayakan,” katanya.

Sebelumnya diketahui, Pemerintah Arab Saudi menangguhkan penerbangan langsung dari sejumlah negara, salah satunya Indonesia. Pasalnya, Indonesia termasuk negara yang angka penularan Covid-19-nya masih tinggi.

Menurut Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono, hingga saat ini pihaknya belum dapat melakukan dorongan ke pemerintah setempat terkait izin masuk jamaah umrah WNI ke Arab Saudi.

D For GAEKON