Diklaim Bisa Hemat Listrik, Ilmuwan Kembangkan Cat Ultra Putih

0

Diklaim Bisa Hemat Listrik, Ilmuwan Kembangkan Cat Ultra PutihGaekon.com – Para insinyur di Purdue University, Indiana, Amerika Serikat mengembangkan sebuah cat ultra putih yang diklaim bisa menghemat biaya listrik di rumah.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Menurut para ilmuwan, cat ultra putih tersebut bisa memantulkan cahaya yang dapat meniadakan kebutuhan akan pendingin ruangan. Cat ini juga disebut mengurangi emisi karbon, jika digunakan dalam skala massal.

Cat ultra-putih dibuat dengan senyawa kimia yang disebut barium sulfat. Dimana senyawa tersebut juga dipakai dalam produksi kosmetik dan kertas foto.

Partikel barium sulfat terdiri dari berbagai ukuran, yang “menyebarkan” sinar matahari dan bahkan dapat langsung mendinginkan permukaan sekitarnya.

Cat ini sebagai bagian dari proyek enam tahun yang mampu memantulkan hingga 98,1 persen sinar matahari. Maka dari itu, memiliki kemampuan untuk mendinginkan bangunan.

Menurut seorang ahli hamburan cahaya dari University of Cambridge, Lukas Schertel temuan tersebut berpotensi menarik, jika digunakan pada skala industri, dapat berdampak positif pada iklim dengan mengurangi konsumsi energi.

Cat putih telah digunakan selama berabad-abad di iklim yang lebih hangat untuk mendinginkan bangunan dari panas. Sedangkan cat biasa akan menyerap antara 10-20 persen sinar matahari, cat baru hanya mengambil 1,9 persen, jumlah yang cukup kecil untuk memungkinkan bangunan kehilangan panas secara keseluruhan.

“Jika Anda menggunakan cat ini untuk menutupi luas atap sekitar 1.000 kaki persegi, kami perkirakan Anda bisa mendapatkan daya pendinginan sebesar 10 kilowatt. Itu lebih kuat daripada AC sentral yang digunakan oleh kebanyakan rumah,” kata ketua peneliti Xiulin Ruan, profesor teknik mesin di Purdue.

D For GAEKON