Dinkes Jatim Luruskan Soal 114 Suspek Hepatitis Akut

0

Dinkes Jatim Luruskan Soal 114 Suspek Hepatitis AkutGaekon.com – Baru-baru ini heboh soal adanya 114 dugaan (suspek) kasus hepatitis akut di wilayah Jawa Timur. Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jatim meluruskan pemberitaan tersebut.

Melansir dari Kumparan, Kepala Dinkes Provinsi Jatim Dr Erwin Astha Triyono mengungkapkan 114 kasus itu adalah sindrom jaundice (penyakit kuning) akut.

Penyakit tersebut ternyata setelah diverifikasi tidak terkait dengan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

“Memang di Jatim belum ada kasus hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya,” ujarnya.

Dinkes Jatim pun mengajak seluruh masyarakat khususnya warga Jatim untuk menerapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) demi menghindari hepatitis misterius ini.

“Terapkan PHBS dan protokol kesehatan. PHBS ini bukan hanya untuk hepatitis tapi untuk semua penyakit bisa,” Ujar Erwin.

Menurut Erwin salah satu gejala hepatitis akut memang terkena penyakit kuning. Akan tetapi jika terkena penyakit kuning belum tentu diartikan sebagai hepatitis akut.

“Makanya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” imbuhnya.

Berdasarkan data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) Jawa Timur, minggu 1 – minggu 17 Tahun 2022 (per 4 Mei 2022), telah ditemukan 114 kasus suspect hepatitis akut di 18 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Dimana minggu ke-14 hingga minggu ke-17 cenderung mengalami kenaikan. Data SKDR tersebut adalah kasus suspect hepatitis akut yang masih membutuhkan pemeriksaan apakah itu hepatitis akut atau bukan.

D For GAEKON