Disesalkan MUI, Habib Umar Berdamai Dengan Petugas PSBB Surabaya

0

Gaekon.com – MUI Jatim angkat bicara soal Habib Umar Assegaf yang bersitegang hingga nyaris adu pukul dengan Satpol PP. Mereka menyayangkan aksi Satpol PP yang tak bisa menahan emosi saat meladeni habib itu.

“Harusnya petugas di lapangan pos check point PSBB menggunakan pendekatan persuasif dan simpatik. Itu akan jauh lebih mengena kepada masyarakat. Bukan malah mendahulukan emosi,” kata Sekretaris MUI Jatim, Ainul Yaqin seperti dikutip GAEKON, Kamis (21/5).

MUI Jatim menilai, petugas PSBB di lapangan harus bersikap sabar, dan memberi contoh yang baik. Terlebih dalam memperlakukan Habib Umar yang merupakan tokoh masyarakat yang dihormati.

“Habib Umar adalah sosok yang dihormati. Beliau punya muhibbin (pencinta) yang banyak,” jelas Ainul. Ainul menambahkan, petugas boleh menerapkan protokol COVID-19 dengan tegas namun jangan sampai terbawa emosi. Sebab, kejadian di lapangan merupakan risiko dari pekerjaan.

“Harusnya pakai kepala dingin. Kalau main kasar seperti kayak gitu dibiarkan, saya khawatir terjadi konflik horizontal. Karena itu, begitu kami tahu, langsung berkoordinasi dengan pemerintah terutama kepolisian untuk melakukan mediasi. Jadi semoga ini tidak menjadi persoalan yang melebar,” terangnya.

Kedua pihak yang berselisih akhirnya memilih menempuh jalan damai. Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. Ia mengatakan dua belah pihak sudah menjalin komunikasi, dan sepakat menahan diri.

“Sebetulnya kedua belah pihak sudah menjalin komunikasi, masing masing menahan diri dengan adanya kesalahpahaman ini,” kata Truno, di Mapolda Jatim, Surabaya, Jumat (22/5).

Baik Umar dan petugas Satpol PP, kata Truno, juga telah saling memaafkan tanpa syarat. Hal itu untuk menjaga

 dan keselamatan masyarakat dari hal-hal yang tak diinginkan. “Kedua belah pihak sudah menyatakan untuk saling memaafkan ya, harapan juga tanpa syarat. Artinya semua yang terjadi ini tujuannya kan kita untuk menyelamatkan masyarakat juga dan juga keluarganya,” pungkasnya.

W For GAEKON