Dituding Tempelan, Ini Klarifikasi Ari Wibisono Terkait Foto Pemandangan Gunung Gede Pangrango

0

Dituding Tempelan, Ini Klarifikasi Ari Wibisono Terkait Foto Pemandangan Gunung Gede PangrangoGaekon.com – Pemandangan Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat belakangan ini jadi sorotan publik. Pasalnya, foto pemandangan Gunung Gede Pangrango dari Kemayoran, Jakarta Pusat itu terlihat sangat besar.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Tribun, Foto pemandangan tersebut ternyata diunggah oleh pengguna Instagram Ari Wibisono, @wibisono.ari pada Rabu (17/2).

Banyak yang meragukan foto pemandangan tersebut. Karena Gunung Gede Pangrango terbilang sulit disaksikan dari wilayah Jakarta.

Tak sedikit juga yang menuduh bahwa foto tersebut hasil dari rekayasa. Akibatnya akun Dinas Lingkungan Hidup menjadi sasaran karena dianggap melakukan pencitraan dengan memberikan foto gunung yang dituding tempelan tersebut.

Fotografer senior sekaliber Arbain Rambey menuding gunung dalam foto itu hanya tempelan. Menurut Arbain untuk bisa mendapatkan Gunung Gede Pangrango sebesar itu harus menggunakan lensa tele.

“Ini foto tempelan. Untuk dapat Pangrango segede gitu, butuh tele panjang lalu motret dari jauh. Melihat perbandingan mobil depan dan belakangnya, jelas tak memakai tele panjang,” tulis Arbain Rambey dalam akun Twitternya @arbainrambey.

Menanggapi hal itu, Ari Wibisono buka suara. Melalui instagramnya, Ari mengatakan bahwa foto pemandangan itu asli. Bahkan ia mengaku langsung menyerahkan hasil file asli jepretannya itu kepada fotografer Rifky Widianto untuk dianalisa.

“Klarifikasi Saya Terkait Foto Gunung Gede Pangrango di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran Jakarta Pusat.

Yang sangat saya kecewakan ada Fotografer Senior memberikan statement bahwa Foto Saya “TEMPELAN” Gunung Gede Itu Tempelan.

Baik saya berkolaborasi dengan mas Rifky Widianto @rfkyw dengan memaparkan file Asli Jepretan saya.

Hasil Kerja Keras dan mengabarkan kepada warga Jakarta tentang Kondisi #JakartaLangitBiru,” tulis Ari Wibisono.

Sementara itu, Rifky Widianto mengatakan bahwa dari olah digital yang dilakukan, foto tersebut terbukti bukan tempelan. Ia memastikan foto tersebut adalah asli dan diambil dengan teknik fotografi tertentu.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Syaripudin mengatakan hal tersebut terjadi karena kualitas udara ibu kota yang membaik. Penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19), kata Syaripudin, berdampak positif bagi lingkungan.

Ari Wibisono mengaku sengaja ingin menggambarkan Kota Jakarta dengan latar belakang Gunung Gede Pangrango. Saat itu ia mengendarai motor lewat flyover Kemayoran arah Gunung Sahari, ia kemudian berhenti dan mengabadikan momen tersebut.

D For GAEKON