Divonis 1 Tahun 2 Bulan Jerinx Bungkam

0

Divonis 1 Tahun 2 Bulan Jerinx BungkamGaekon.com – Akhirnya majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis (19/11/2020), terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx divonis satu tahun dua bulan penjara, denda Rp 10 juta, dan subsider satu bulan. Setelah divonis, drummer Superman is Dead (SID) tersebut tak mengucapkan sepatah kata pun.

Dirinya hanya memeluk istrinya sembari berjalan menuju ke mobil tahanan. Namun, biasanya, setelah menjalani sidang, Jerinx akan memberikan sejumlah komentar terkait persidangan. Melalui Kuasa Hukum Jerinx, Sugeng Teguh Santoso, menyampaikan, bahwa kliennya sangat kecewa dengan vonis tersebut.

“Ekspresi Jerinx menunjukkan kekecewaan atas putusan ini,” kata Sugeng seusai sidang di PN Denpasar, Kamis (19/11/2020).

Dalam sidang yang digelar pada Kamis (19/11/2020) tersebut, pentolan band SID tersebut divonis hukuman satu tahun dua bulan penjara dan denda Rp 10 juta. Dirinya dinyatakan terbukti bersalah dengan menyebarkan ujaran kebencian terhadap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) karena menyebut “kacung World Health Organization (WHO)” melalui Instagram-nya @jrxsid.

“Mengadili, satu menyatakan terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx tersebut di atas terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas antar golongan sebagaimana dalam dakwaan alternatif pertama penuntut umum,” kata majelis hakim yang diketuai oleh Ida Ayu Adnya Dewi, di PN Denpasar, Kamis (19/11/2020).

“Dua, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama satu tahun dua bulan dan pidana denda Rp 10 juta dengan ketentuan apabila denda tak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan,” ucap hakim.

Z For GAEKON