BMKG Keluarkan Peringatan Dini, DKI Jakarta Siaga Hadapi La Nina

0

BMKG Keluarkan Peringatan Dini, DKI Jakarta Siaga Hadapi La NinaGaekon.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) keluarkan peringatan dini untuk DKI Jakarta terkait potensi bencana alam akibat fenomena La Nina.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, DKI Jakarta termasuk salah satu daerah yang berpotensi terdampak La Nina.

BPBD DKI Jakarta meminta masyarakat untuk waspada dan menyiapkan antisipasi menghadapi bencana dampak fenomena La Nina.

Ada lima langkah antisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat DKI. Diantaranya yaitu rutin memantau tinggi muka air jika terjadi hujan melalui website BPBD DKI.

Kemudian, menghubungi Jakarta siaga di 112. Selain itu masyarakat bisa menekan tombol darurat di aplikasi Jakarta Aman jika terjadi bencana alam seperti banjir.

Selanjutnya, melapor melalui aplikasi JAKI jika terjadi banjir. Yang terakhir, masyarakat bisa memantau banjir di website pantaubanjir.jakarta.go.id.

La Nina Berdampak Ke Peningkatan Curah Hujan

La Nina 2021 diprediksi relatif sama dengan 2020 yakni berdampak pada peningkatan curah hujan bulanan berkisar antara 20-70% di atas normalnya. Hal ini memicu bencana Hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang atau puting beliung ataupun badai tropis.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, saat ini curah hujan sulit diprediksi akibat dampak perubahan iklim.

Meski demikian, Jakarta sudah mengantisipasinya dengan menyiapkan drainase yang mampu menampung curah hujan hingga 100 mm per hari. Pemprov DKI juga telah menyiapkan alat untuk mengukur curah hujan sebagai langkah untuk memprediksi titik banjir, sekaligus persiapan untuk menerima limpahan air dari daerah lain.

D For GAEKON