Diduga Lakukan Pelecehan Seksual, Dosen Unesa Ini Cium Mahasiswi Hingga VC Telanjang Dada

0

Diduga Lakukan Pelecehan Seksual, Dosen Unesa Ini Cium Mahasiswi Hingga VC Telanjang DadaGaekon.com – Kasus pelecehan seksual di Perguruan Tinggi kembali terjadi. Kali ini terjadi di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Kasus pelecehan seksual tersebut diduga dilakukan oleh salah satu dosen Unesa.

Melansir dari Kompas, kasus tersebut diketahui dari unggahan Instagram @dear_unesacatcallers. Dalam postingan itu menjelaskan kronologi awal mula kasus kekerasan seksual yang menimpa beberapa mahasiswi Unesa.

Dugaan kekerasan seksual ini terungkap berawal dari laporan mahasiswa berinisial A yang diduga menjadi korban pelecehan seksual. A saat itu tengah melakukan bimbingan skripsi dengan dosen berinisial H.

Keduanya melakukan bimbingan skripsi di sebuah ruangan yang dulu sekitar tahun 2020 dipakai untuk gedung jurusan hukum.

“Di sana hanya ada korban A dan dosen berinisial H karena memang hari sudah sore. Seperti pada umumnya, mahasiswa sering menunggu waktu senggang dosen untuk bimbingan skripsinya,” tulis akun tersebut.

Kasus ini diduga kuat terjadi di lingkungan Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Unesa. Bimbingan skripsi awalnya berjalan lancar. Saat itu, mahasiswi A dan dosen H berdiskusi dan tanya jawab seputar topik pembahasan yang diangkat dalam tugas akhir tersebut.

Namun situasi yang sepi itu seketika dimanfaatkan oleh dosen H. Ia mendekati A dan melontarkan ujaran bernada catcalling, yakni “kamu cantik”. Dosen H juga bertindak lebih jauh dengan mencium korban.

Akibat peristiwa itu, A langsung trauma untuk melakukan bimbingan skripsi dengan dosen H. Korban merasa bingung, lantaran ia harus menyelesaikan studinya, namun disisi lain ia takut jika harus bertemu dengan dosen H.

“Sejak kejadian itu, korban A selalu merasa ketakutan jika harus bimbingan skripsi. Padahal dia harus menyelesaikan revisi skripsi sebelum tenggat akhir SPK (Surat Penetapan Kelulusan),” kata akun tersebut.

Tindakan pelecehan yang diduga dilakukan oleh dosen H ini tak cuma dilancarkan ketika pertemuan tatap muka. Dia juga disebut sering melakukan panggilan video kepada A.

Tak hanya A, panggilan video itu juga dilakukan dosen H terhadap mahasiswi lainnya. Menurut akun tersebut, ada salah satu mahasiswi lainnya yang juga menjadi kekerasan seksual, pernah mengangkat panggilan video dari dosen H. Saat menerima panggilan video itu, dosen H bahkan bertelanjang dada.

Hingga saat ini, akun @dear_unesacatcallers menyebutkan, setidaknya telah menerima laporan dari tiga korban kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh dosen H.

Sementara itu, Ketua Humas Unesa Vinda Maya Setyaningrum menegaskan bahwa pihak Unesa sudah mulai melakukan investigasi terkait kasus kekerasan seksual itu.

“Kasus ini sedang diusut tim dari Jurusan Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Unesa,” kata Vinda.

D For GAEKON