Dua Kali Divaksin, Istri RK Positif Covid-19, Ini Penjelasan Kemenkes!

0

Dua Kali Divaksin, Istri RK Positif Covid-19, Ini Penjelasan Kemenkes!Gaekon.com – Juru Bicara Vaksinasi Siti Nadia Tarmizi angkat bicara mengenai Istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya yang positif Covid-19 meski sudah dua kali divaksin.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Detik, Menurut Siti Nadia, vaksin memiliki efikasi tidak sampai 100 persen. Maka dari itu tetap masih ada kemungkinan orang yang sudah divaksin tertular Covid-19. Vaksin ini hanya mencegah agar tidak terjadi gejala berat.

“Semua vaksin mencegah gejala berat dan perawatan RS sampai dengan 90 persen dan mencegah kematian lebih dari 95 persen,” katanya.

Siti mengatakan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi virus Covid-19 menular. Pertama adalah manusia, kedua agen atau virusnya, ketiga lingkungan.

“Jadi kalau mobilitas tinggi dan juga kita ini dalam situasi pandemi, yang artinya jumlah dan laju penularan sangat besar, maka risiko untuk tertular juga besar,” katanya.

Siti mengimbau agar orang-orang yang telah vaksin tidak menganggap diri mereka kebal virus Covid-19.

“Betul (tidak boleh merasa kebal karena sudah divaksin), kan sudah ada juga contohnya negara-negara yang meningkat kasusnya,” ucap Siti.

Untuk diketahui, semua vaksin memiliki efikasi 65 sampai 95 persen, tidak ada yang 100 persen. Artinya, risiko kita menjadi sakit sudah turun lebih dari 50 persen.

D For GAEKON