Heboh Emak-Emak Protes Ke Guru, Gara-Gara Beri Soal Tanpa Penjelasan

0

Heboh Emak-Emak Protes Ke Guru, Gara-Gara Beri Soal Tanpa PenjelasanGaekon.com – Peraturan sekolah daring ditengah pandemi membuat sejumlah orang tua angkat tangan, terutama bagi ibu-ibu. Mereka yang rutinitasnya bekerja dan membereskan rumah, kini harus ditambah dengan membantu anak mengerjakan tugas.

Tak semua orang tua bisa dan paham akan tugas sekolah sang anak. Sementara les privat juga harus dihentikan lantaran menghindari kontak fisik dengan orang lain. Hal inilah yang membuat masalah belajar mengajar di rumah semakin kompleks.

Banyak kasus anak akhirnya menangis karena harus perang dengan ibunya demi menyelesaikan tugas dari guru. Selain itu banyak juga kasus orang tua protes dengan soal yang diberikan sang guru, karena dinilai  hanya asal memberi soal tanpa penjelasan.

Emak ini Frustasi Karena Anaknya Diberi Soal Sulit Oleh Guru

Belakangan ini beredar sebuah video yang memperlihatkan emak-emak frustrasi dan kesulitan mengajari anaknya menyelesaikan soal-soal yang diberi guru.

Selama pemberlakuan sekolah daring hingga saat ini, emak-emak tersebut tampak kesal lantaran anaknya kesulitan mengerjakan akibat sang guru disebut hanya memberikan soal tanpa membuat tutor atau penjelasan. Ditambah, ia juga menyemprot guru yang bersangkutan karena dianggap mengunggah video tutor ke YouTube.

Momen tersebut dibagikan akun Instagram @smart.gram. Dalam video itu emak-emak ini mengaku bahwa selama sekolah daring, guru dianggap hanya memberi soal tanpa menjelaskan cara menyelesaikannya.

Ia mengaku kesal kepada guru tersebut, karena hal itu sangat menyulitkan anaknya dan siswa lainnya dalam mengerjakan soal dengan baik.

“Terkhusus Bapak/Ibu guru yang selalu memberikan soal kepada muridnya tanpa memberikan tutor atau memberikan tutor melalui video YouTube. Pak/Buk, nggak semua anak ngerti kalau dijelaskan melalui YouTube. Terus jenengan bisa jawab? terus apa guna orang tua di rumah?,” ucap emak-emak.

Emak-emak ini mengatakan bahwa penjelasan dari video di youtube itu belum tentu bisa dipahami oleh semuanya. Menurut pengakuannya, seharusnya guru membuat video tersendiri dan mengunggah di grup tentang penjelasan cara mengerjakan soal.

“Alangkah baiknya kalau memberikan soal kepada anak jangan lewat YouTube. Jenengan bikin video sendiri, dijelaskan. Kemudian video anda dibagikan ke grup. Jadi anak ngerti. Jangan anda memberikan soal tanpa memberikan tutor atau menjelaskan caranya terutama pelajaran matematika,” lanjutnya.

Video tersebut akhirnya viral dan mengundang komentar dari warganet. Banyak warganet yang sependapat dengan ucapan emak-emak tersebut.

“Tapi benar. Adik disuruh tonton video di YouTube, lalu kerjakan soal yang susah itu MTK kadang contoh sama soal beda jauh lagi 😢 ujung-ujungnya minta kerjain dong,” ujar @rizki_moraga.

“Benar itu, ngerasain sendri, udah pagi kerja pulang malam, baru datang anak sudah ada tugas, ngerjain sambil ngajarin, untung-untung ortunya paham, lah ortunya nggak paham nanya ke siapa wkwkw,” tulis @fuadcilok.

D For GAEKON