Erick Thohir Resmi Copot Direktur Energi Primer PLN

0

Erick Thohir Resmi Copot Direktur Energi Primer PLNGaekon.com – Direktur Energi Primer PLN, Rudy Hendra Prastowo resmi dicopot oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

Melansir dari Kumparan, pencopotan ini imbas dari krisis batu bara yang terjadi di perseroan.

Erick sangat menyayangkan krisis batu bara bisa terjadi pada PLN. Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alam termasuk salah satunya batu bara.

“Banyak negara yang enggak punya sumber daya alam tapi tidak mengalami krisis energi. Artinya adanya sesuatu yang harus kita perbaiki,” ujar Erick.

Erick mengatakan isu ketersediaan stok batu bara sudah pernah dibicarakan pada Januari 2021 lalu. Saat itu menurut Erick, PLN juga menghadapi situasi yang sama yaitu kekurangan pasokan batu bara karena terjadinya badai la nina yang menyebabkan pengiriman terhambat.

Krisis semacam ini menurut Erick merupakan sebuah siklus berulang yang seharusnya sudah bisa diantisipasi. Namun PLN telah gagal melakukan antisipasi tersebut.

“Kalau kita sebagai negara punya sumber daya alam besar, enggak punya rencana apalagi enggak menjaga untuk tidak menjadi krisis ini adalah kesalahan besar,” ujarnya.

Erick kemudian menunjuk Hartanto Wibowo untuk mengisi posisi tersebut.

“Saya juga sudah minta sama Hartanto untuk memastikan hal-hal yang kita alami seperti ini tidak boleh terjadi lagi,” terangnya.

Direktur PLN Segera Bertindak Dalam 1-2 Hari

Erick memastikan, direktur yang baru akan segera bertindak dalam waktu 1 sampai 2 hari ke depan. Pasalnya, tidak mungkin pembangunan ekonomi dilakukan tanpa adanya listrik.

Rudy Hendra Prastowo Diangkat sebagai Direktur Energy Primer PT. PLN (Persero) berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Nomor SK-147/MBU/05/2020 tanggal 14 Mei 2020 dan Nomor SK-49/MBU/02/2021, tanggal 17 Februari 2021 tentang perubahan nomenklatur jabatan dari Direktur Energy Primer menjadi Direktur Energi Primer.

D For GAEKON