Erupsi Terus Menerus, Gunung Anak Krakatau Naik Status Jadi Siaga

0

Erupsi Terus Menerus, Gunung Anak Krakatau Naik Status Jadi SiagaGaekon.com – Per Hari Minggu (24/4), Status aktivitas Gunung Anak Krakatau naik dari Waspada Level II menjadi Siaga Level III.

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Meningkat Signifikan

Melansir dari Kompas, Kepala Badan Geologi, Eko Budi Leloni mengonfirmasi hal ini. Pihaknya menerangkan bahwa dari hasil pemantauan visual menunjukkan adanya kenaikan aktivitas yang semakin signifikan.

“Hasil pemantauan visual dan instrumental menunjukkan adanya kenaikan aktivitas yang semakin signifikan dan tingkat aktivitas Gunung Anak Kraktau dinaikkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) terhitung sejak tanggal 24 April 2022, pukul 18.00 WIB,” kata Eko.

Naiknya status aktivitas GAK yang berada di Selat Sunda itu disebabkan karena terjadi erupsi terus-menerus.

Menurut penjelasan Eko, aktivitas vulkanik GAK saat ini masih dalam periode erupsi menerus dengan perubahan erupsi yang semula dominan abu, menjadi tipe strombolian yang menghasilkan lontaran-lontaran lava pijar pada tanggal 17 April 2022.

Kemudian pada 23 April 2022 sekitar pukul 12:19 WIB teramati lava mengalir dan masuk ke laut. Eko juga mengatakan bahwa hasil estimasi energi seismik saat ini teramati meningkat tajam.

“Hasil estimasi energi seismik saat ini teramati meningkat tajam bersamaan dengan membesarnya amplitudo Tremor menerus dan semakin intensnya kejadian erupsi yang menerus,” ujar Eko.

Kini masyarakat, pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan mendekati GAK dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif.

“Masyarakat di wilayah pantai Provinsi Banten dan Lampung harap tenang dan jangan mempercayai isu-isu tentang erupsi gunung Krakatau yang akan menyebabkan tsunami,” ujar Eko.

D For GAEKON